Gugup Hadapi Kekasih Idaman? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Pasangan frustasi
Sumber :
  • feelgooder.com

VIVAlife - Semua pasti pernah mengalami ini. Lidah tiba-tiba kelu, tubuh panas dingin, mendadak ceroboh, dan melakukan hal memalukan saat berhadapan dengan orang yang disukai.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Rasa gugup itu ternyata tidak terjadi begitu saja, ada alasan ilmiah di baliknya. Salah satu penyebabnya, adalah respons kimia tubuh. Uniknya, respons itu muncul seperti saat mengonsumsi obat terlarang.

Mengutip Yahoo, tubuh tiba-tiba melepaskan hormon dopamin, adrenalin, serotin, estrogen, dan testosteron. Jika digabungkan, mampu membuat seseorang kehilangan kecerdasan dan kepercayaan diri.

Survei LSI: Kepercayaan Publik terhadap Kejaksaan Naik Jadi 74 Persen

Reaksi kimia itu membuat tubuh dan otak tidak berfungsi dengan normal. Selain dapat menghambat kemampuan berjalan dan berbicara, reaksi kimia itu juga dapat memengaruhi cara melihat diri sendiri.

Bahkan penelitian menyebutkan, respons itu bisa membuat seseorang berpikir punya banyak kesamaan dengan orang yang disukai. Padahal, pikiran itu belum tentu sesuai dengan kenyataan sebenarnya.

Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat

Namun, respons kimia dalam tubuh saat bertemu kekasih idaman, juga bisa berefek negatif. Kebanyakan, respons itu bisa menimbulkan reaksi stres, takut, dan cemas. Emosi yang campur aduk itu, menurut para ilmuwan, disebabkan produksi hormon yang berlebihan tadi.

Wika Salim

Ungkap Jasa Tukul Arwana dalam Kariernya, Wika Salim Beberkan Hal Ini

Sebagai salah satu rekan kerja yang cukup dekat, Wika Salim mengaku merindukan kehadiran Tukul Arwana kembali ke dunia hiburan Tanah Air.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024