Ketua BPOM: Masyarakat Harus Kritis Sebelum Membeli Obat

Roy Sparringa 3
Sumber :
  • Viva / Dhea Amanda
VIVA.co.id
Atasi Peredaran Vaksin Palsu, Kewenangan BPOM Diperluas
- Di dunia maya, kini banyak beredar kasus penipuan penjualan obat-obatan murah namun ternyata palsu. Tidak hanya itu, banyak pula produsen makanan, yang menjual produknya tanpa lebih dulu melalui penelitian secara ilmiah.

4 Juta Makanan Impor Ilegal Gagal Tersebar di Pasar

Ditemui beberapa waktu lalu, Kepala BPOM, Roy Sparringa, M.App, Sc., menyatakan keprihatinannya tentang hal ini. Untuk menjawab masalah ini, ia katakan memiliki beberapa solusi.
UKM Kuliner di Yogya Banyak Belum Kantongi Sertifikat Halal


“Untuk konsumen yang hendak membeli produk secara
online
, sangat penting untuk mengetahui beberapa faktor yang harus dipastikan. Yakni soal keamanan, kegunaan, dan label. Jadilah konsumen yang pintar, yang tak hanya bisa mengonsumsi, tapi juga mau menginvestigasi semua produk yang akan dibeli,” ujar adik penyanyi Helen Sparringa itu.


Selain konsumen, peran masyarakat juga penting dalam pencegahan aksi penipuan dalam peredaran obat dan makanan terlarang. Ketika menemukan hal mencurigakan di sekitar industri obat atau makanan, segera lapor ke petugas kepolisian setempat.


“Jika sudah terkumpul bukti kuat, kami tak akan segan menindaklanjuti laporan Anda. Bantuan dari masyarakat sangat dibutuhkan, untuk semakin memerkecil ruang gerak pelaku usaha, yang nakal dan sering mengedarkan obat dan makanan yang tak layak jual,” tutup pria kalem itu.


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya