Lakukan Empat Kebiasaan Ini Demi Tubuh Sehat dan Bugar

Ilustrasi sehat
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id – Tidak melulu harus berolahraga selama berjam-jam untuk memiliki tubuh yang sehat. Ada beberapa kebiasaan yang wajib Anda lakukan secara rutin, agar tubuh tetap bugar. Namun, Anda harus disiplin dan setidaknya mencoba melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat tersebut selama tujuh hari terlebih dahulu, untuk membiasakan diri.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

"Ikrar tujuh hari ini mencakup empat kebiasaan sehat selama tujuh hari berturut-turut, di mana masyarakat bisa memilih salah satunya dulu," ujar Melanie Kristanti, direktur komunikasi Shangri-La Hotel kepada VIVA.co.id di acara Global Wellness Day, Jakarta, Selasa 14 Juni 2016.

Menurut Melanie, kebiasaan sehat yang paling mudah sekaligus sering dilupakan adalah minum delapan gelas air per hari. Ia menyarankan, agar menyiapkan botol minuman setiap jamnya selama delapan kali per hari.

Kiat Alexandra Asmasoebrata Jaga Stamina dan Melestarikan Pembalap Perempuan 

"Bawa satu botol minum, isi, targetkan habis dalam waktu sekitar satu jam, isi lagi. Lakukan selama delapan kali per hari biar enggak lupa," katanya.

Selain itu, kebiasaan sehat lainnya, yakni makan buah dan sayur setidaknya sekali sehari dan olahraga selama 30 menit setiap harinya. Kebiasaan sehat yang terakhir, yakni berhenti merokok.

10 Tips Berhenti Merokok, Dijamin Moncer dan Berhasil

"Banyak yang sulit berhenti merokok. Tapi dengan berpuasa, bisa pelan-pelan berhenti," ujar wanita kelahiran Jakarta itu.

Dari studi yang ia dapatkan, dia memaparkan bahwa dengan melakukan kegiatan selama tujuh hari berturut-turut, membuat seseorang menjadi terbiasa. Menurutnya, berhenti merokok selama tujuh hari berturut-turut juga mampu mendorong keinginan untuk berhenti merokok secara perlahan.

"Yang bikin kecanduan rokok itu kan, karena nikotinnya. Semoga setelah tujuh hari, candu nikotinnya berkurang," ucap dia.

Ia mengimbau, dengan memilih sendiri kebiasaan sehat ini, masyarakat bisa lebih fokus tanpa adanya paksaan untuk lebih meningkatkan kualitas hidup melalui hal sederhana. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya