Cara Sederhana Terapkan Pola Hidup Sehat

Ilustrasi sehat
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id – Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Ketika tubuh kita sehat, maka segala aktivitas yang dijalani dapat dilaksanakan dengan baik. Memperoleh tubuh yang sehat sebenarnya tidak sulit. Cukup dengan menjalani pola hidup yang sehat. Maka, besar kemungkinan Anda mendapat tubuh yang sehat pula.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Bagaimanakah pola hidup sehat yang dimaksud? dr. Boy Abidin, SpOG dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading menjelaskan bahwa pola hidup sehat itu didapat dari keteraturan menjaga pola tidur, aktivitas dan pola makan.

"Kembali pada pola hidup sehat, mulai pola tidur, pola aktivitas, pola makan. Kalau mau sehat, tidur setidaknya 6 sampei 8 jam," Ujar dr. Boy di acara Talkshow Muslima Model Muse, di Gandaria City, Jakarta Selatan, Minggu, 26 Juni 2016.

6 Tips Jaga Stamina Saat Puasa Ramadhan, Jangan Sungkan untuk Olahraga Ringan

Setelah menjalankan pola hidup sehat, selanjutnya adalah olahraga. Olahraga seharusnya menjadi aktivitas penting bagi setiap orang untuk mempeoleh tubuh yang sehat. Dr. Boy menjelaskan bahwa kegiatan tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup 2 hingga 3 kali seminggu selama setengah hingga satu jam.

"Olahraganya idealnya seminggu dua sampai tiga kali. Olahraga yang bisa dilakukan adalah aerobik seperti sepeda, jalan, berenang atau apapun yang sifatnya banyak membakar atau menggunakan pernafasan kita. Idealnya dilakukan setengah sampai satu jam," ujar dr.Boy.

Profil Yoon Sung Bin, Atlet yang Dirumorkan Jadi Pacar Baru Jihyo TWICE

Selain itu, pilihlah waktu berolahraga yang tepat. Jika sempat, berolahraga di pagi atau sore hari di bawah sinar matahari baik untuk ketahanan tulang di masa tua nanti.

"Olahraga itu penting sekali, kemudian jangan takut dengan sinar matahari karena kalau kurang sinar matahari tulang bisa kropos pada usia lanjut. Matahari yang baik itu ada pada jam 6 hingga 8 pagi dan jam 4 hingga 6 sore, untuk berolahraga di bawah sinar matahari bagus dilakukan di jam-jam itu," katanya.

Yang tidak kalah penting adalah menjaga pola makan. Selain frekuensi makan tiga kali sehari, mengatur asupan gizi dalam makanan juga penting dilakukan. Usahakan untuk selalu menyeliokan buah dan sayur dalam menu makanan Anda.

"Pola makan, usahakan kembali pada makanan alami dan natural sehingga kita tahu jenis makanannya apa dan pengolahannya seperti apa. Cepat saji boleh tapi sekali-kali dan jangan lupa sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan," jelas dr. Boy.

Namun, dr. Boy mengingatkan bahwa hal yang paling penting adalah komitmen dan konsistensi Anda menjalankan seluruh anjuran di atas. Semua harus dilakukan secara berkesinambungan agar dapat memperoleh tubuh yang sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya