Selain Laser, Ini Langkah Atasi Varises

Ilustrasi kaki.
Sumber :
  • pixabay/Olivera Comunicacao

VIVA.co.id – Varises sangat familiar dan sering dibicarakan, Biasanya saat mendengar tentang varises, ingatan kita langsung mengarah ke kaki dan urat-urat yang menonjol di sekitarnya. Secara fisik, keberadaan varises di area tertentu. tidak hanya mengganggu secara estetika, varises juga bisa menghambat aktivitas sehari-hari sebab, varises menimbulkan rasa nyeri dan pegal pada bagian tubuh yang terkena.

Kenalan dengan Varises: Kondisi Pembuluh Vena Tubuh yang Menonjol

Meski bisa menyerang siapa saja, namun perempuan lebih berisiko terkena varises karena berhubungan dengan hormon dan gaya hidup. Kondisi ini umumnya terjadi pada usia 30 hingga 70 tahunan.

Mengatasi varises artinya memperlancar peredaran darah atau memperkuat jaringan ikat pada pembuluh vena. Biasanya mengatasi varises bisa melalui jalur medis yaitu laser, namun cara tersebut cukup menguras kantong.

Kehamilan Picu Varises Kaki Hingga Vagina, Dokter Ungkap Alasannya

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi flavonoid yang ada pada beberapa jenis tanaman. Flavonoid adalah zat pigmen yang ditemukan dalam rempah dan tanaman. Zat ini bertanggung jawab untuk warna pada tanaman, buah dan sayur.

Pada maanusia, flavonoid dapat membantu memperlancar sistim peredaran darah dan memperkuat jaringan ikat dan pembuluh darah. Flavonoid sangat sering ditemukan dalam tanaman yang berwarna seperti ceri, jeruk, apel, aprikot, paprika, bawang, asparagus, wortel, daun pegagan, dan lain-lain. Selain itu, flavonoid juga ditemukan dalam rempah kacang-kacangan.

Picu Dampak Berbahaya, Dokter Ungkap Terapi Stocking Ampuh Cegah Varises

Selain mengonsumsi asupan sehat yang kaya flavonoid, mengatasi varises juga bisa dilakukan secara topikal alami. Berikut ini tips penggunaan herbal secara topikal untuk mengatasi varises.Seperti dilansir Stylecraze.

1. Jeruk nipis dan bawang putih

Bahan: 6 siung bawang putih, 2 – 3 buah jeruk nipis, peras dan ambil airnya, dan 2 sendok makan minyak zaitun.
Campur semua bahan tersebut, diamkan selama minimal 12 jam kocok dahulu sebelum pemakaian
Cara penggunaan: Pijat lembut bagian yang terkena varises selama 15 menit dengan menggunakan minyak ini. Setelah selesai dipijat, bungkus bagian yang terkena varises tersebut dengan menggunakan kain katun. Lakukan secara rutin setiap malam

2. Pegagan dan teh hijau

Bahan : 10 lembar daun pegagan, 3 sendok makan air teh hijau, dan 3 sendok makan minyak zaitun. Campur semua bahan.
Cara penggunaan: Oleskan dan pijat lembut pada bagian yang terkena varises sampai meresap kedalam kulit. Setelah itu bilas, dan lakukan rutin setiap malam.

3. Minyak zaitun, dan almond.

Bahan : 5 sendok minyak zaitun, 2 biji almond kering.
Cara penggunaan : Lakukanlah pijatan secara lembut dan teratur di daerah varises dengan arah menuju jantung.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya