Pilih Camilan Sesuai Tipe Tubuh Agar Tetap Ramping

Ilustrasi yoghurt
Sumber :
  • Pixabay/kaboompics

VIVA.co.id – Kebanyakan orang senang makanan ringan atau camilan. Dan keinginan mengemil sering menyerang di saat menjelang makan siang atau sore dan ketika pulang kerja.

Membangun Kebiasaan Makan Sehat pada Anak, Peran Orang Tua dalam Memilih Camilan

Tapi apakah Anda tahu bahwa Anda seharusnya jangan asal memakan camilan, namun berpikir memilih camilan yang baik untuk Anda agar tubuh tetap sehat dan tidak cepat mengembang.

Dikutip dari Daily Mail, menurut ahli gizi terkemuka di Sydney, Gabrielle Maston, camilan bisa disesuaikan dengan tiga tipe tubuh. Ketiga tipe tubuh itu, yakni endomorph, ectomorph dan mesomorph.

Fuji Ungkap Kebiasaan dan Waktu Ngemil Favoritnya

Endomorph

Seorang endomorph memiliki kadar lemak tubuh yang tinggi dan kecenderungan mudah mendapat berat badan. Selebriti dengan tipe tubuh ini, seperti Kim Kardashian dan Beyonce. Olahraga yang cocok untuk tipe tubuh ini adalah angkat besi atau olahraga yang memerlukan tenaga dan berbasis pada kekuatan, sementara yang tidak dianjurkan adalah kardio.

Tempat Ini Merayakan Kuliner dengan Konsep Restoran yang Terbarukan

"Jika Anda merupakan endomorph, terlalu banyak mengemil bukan ide yang baik," kata dia.

Namun, jika ingin mengemil, Anda bisa memilih makanan ringan yang rendah kalori, seperti batang sayuran, buah, yogurt dan biskuit gandum. Dengan struktur tulang secara alami lebih besar dan jumlah yang lebih tinggi dari total massa tubuh, tipe tubuh ini kurang baik dalam membakar kelebihan kalori dari karbohidrat.

Karena itu, kacang-kacangan dan buah juga merupakan makanan ringan yang baik untuk menjaga tingkat energi Anda.

Ectomorph

Tipe ini memiliki tubuh yang tinggi dan ramping, bingkai kecil dan tingkat lemak tubuh yang rendah. Selebriti dengan tipe ini adalah Victoria Beckham dan Cameron Diaz.

Maston mengatakan, jika Anda seorang ectomorph, Anda bisa makan sesuatu sebanyak mungkin. Itu karena metabolisme yang cepat, sehingga mereka sangat mudah untuk tetap ramping dan kadar lemak tubuh juga rendah, meski makan apapun.

"Saya akan menyarankan mengubah makanan ringan menjadi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, protein dan lemak," ujar dia.

Membuat makanan Anda menjadi energi padat untuk menghindari penurunan berat badan yang tidak diinginkan, dan untuk menjaga bentuk tubuh dan otot Anda. Bubur, kacang mentega, dan kue gandum direkomendasikan untuk pemilik tipe tubuh ini sebagai camilan.

Mesomorph

Tipe tubuh ini biasanya memiliki kerangka tubuh sedang, atletis dan berotot. Selebriti dengan tipe tubuh ini adalah Jennifer Aniston dan Halle Berry.

"Mereka memiliki tingkat metabolisme yang tinggi dan cenderung memiliki kadar lemak tubuh yang rendah," kata Maston.

Anda disarankan untuk memilih makanan ringan dengan tinggi protein, seperti yogurt, kerupuk gandum dengan tuna, telur rebus dan salad. Para ahli juga setuju bahwa diet seimbang, dengan 40 persen karbohidrat, 30 persen protein dan 30 persen lemak baik untuk tipe tubuh ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya