7 Fakta Mengejutkan tentang Kuku yang Tidak Diketahui Orang

Ilustrasi kuku.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang seringkali diabaikan orang. padahal kuku menentukan penampilan dan kesehatan tubuh Anda. Itulah mengapa kuku harus dijaga agar tetap sehat dan rutin dipotong.

Kuku Berwarna Cokelat Kehitaman, Waspada Kanker

Apalagi kuku yang panjang membuat Anda berisiko terkena penyakit karena bisa menjadi sarang kuman. Kuku panjang juga bisa membuat Anda terluka jika tiba-tiba patah atau terantuk benda.

Nah, sebelum memperhatikan kebersihan dan kesehatan kuku, simak beberapa fakta menarik tentang kuku yang belum diketahui banyak orang, seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini.

Ikut Terapi Ikan demi Kaki Mulus Malah Berujung 'Petaka'

-Kuku tangan cenderung tubuh lebih cepat, sekitar 3,5 milimeter, dibandingkan kuku kaki yang hanya tumbuh 1,6 milimeter setiap bulan.

-Bercak atau noda berwarna putih di kuku bukan menandakan Anda kekurangan kalsium. Noda ini umum muncul di kuku dan tidak berbahaya, juga tidak berkaitan dengan kekurang asupan vitamin tertentu.

Mengapa Kuku Jari Tangan Tumbuh Lebih Cepat Daripada Kaki?

-Kuku pria tumbuh lebih cepat dibandingkan wanita, menurut sejumlah studi. Inilah alasan mengapa pria harus memotong kuku lebih sering daripada wanita.

-Kebiasaan menggigit-gigit kuku dapat menyebabkan infeksi kulit dan memperburuk kondisi kuku.

-Kuku bisa menjadi indikator kesehatan Anda secara keseluruhan. Warna kuku yang kekuningan atau putih bisa mengindikasikan kesehatan tubuh, mulai dari kondisi ringan hingga penyakit berbahaya.

-Para peneliti telah membuktikan bahwa stres kronis dan kelelahan bisa mencegah nutrisi tersalurkan ke kuku dan rambut. Hal ini pun pada akhirnya akan membuat kuku dan rambut rusak.

-Kutikula kuku memiliki manfaat tersendiri. Kutikula membantu menjaga dan kulit di bawah kuku tetap lembap dan terhindar dari kuman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya