Pria Juga Bisa PMS?

Ilustrasi laki-laki
Sumber :
  • Pixabay/tookapict

VIVA.co.id – Meski tak sama seperti wanita ketika mengalami menstruasi, pria juga mengalami fluktuasi dan perubahan hormon. Sejumlah peneliti menemukan bahwa siklus ini juga memiliki pola bulanan.

Pria Cuma Sanggup 5 Menit? Ini 6 Trik Makin Perkasa di Atas Ranjang

Jika pasangan Anda memperlihatkan rasa jengkel, lebih emosional, atau menujukkan perubahan mood, pastilah dia sedang dalam siklus bulanannya. Jadi kemungkinan inilah saatnya Anda memahami apa yang sedang dialaminya dan menunjukkan dukungan dengan memberikan pelukan dan empati.

Hal itu akan lebih membantunya dalam melalui fluktuasi hormon yang dialaminya. Dilansir laman Boldsky, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang periode bulanan yang dilalui para pria.

Bermodal Telur Mentah, Kakek Sugiono Bagikan Tips Jaga Stamina untuk Pria

Fakta 1

Dalam sebuah survei baru-baru ini, sejumlah wanita diwawancarai mengenai pasangan mereka. Hasil survei itu mengungkap bahwa pasangan para wanita itu memperlihatkan beberapa kondisi tertentu yang biasarnya diasosiasikan dengan siklus menstruasi. Mereka menunjukkan gejala seperti kelelahan, sensitif, kecemasan, perubahan mood, dan seterusnya.

Pria di Atas Usia 20 Tahun Dianjurkan Konsumsi Suplemen Tingkatkan Hormon Testosteron

Fakta 2

Hampir 45 persen dari partisipan wanita mengatakan mereka melihat gejala-gejala tersebut selama beberapa hari setiap bulannya.

Fakta 3

Lebih dari 50 persen wanita mengakui mereka memperhatikan adanya perasaan terganggu yang ditunjukkan pria selama menghadapi masa itu.

Fakta 4

Beberapa wanita juga melaporkan mereka bisa merasakan adanya kelelahan dan beberapa wanita melaporkan kalau pasangan mereka memperlihatkan keinginan makan makanan tertentu selama periode siklus itu. Selain itu, mereka juga melaporkan bahwa pasangan mereka cenderung cepat merasa kesal saat memasuki masa sensitif mereka.

Fakta 5

Sama seperti wanita, pria juga mengalami masa perubahan hormon (testoteron) namun hingga saat ini belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa pria juga mengalami sesuatu yang mirip dengan siklus bulanan.

Fakta 6

Irritable Male Syndrome (IMS) juga disertai dengan gejala seperti kebingungan, libido menurun, lesu, cemas, moody, kelelahan, marah, dan depresi. Biasanya, hanya wanita yang sangat dekat pria yang dapat menyadari gejala ini ketika pria sedang memasuki siklusnya.

Fakta 7

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perubahan kadar hormon yang dialami pria terjadi hampir setiap jam. Biasanya, perubahan dan fluktuasi itu cenderung tinggi di masa remaja, usia muda, dan usia pertengahan. Di fase lainnya, gejala ini mungkin tidak terlalu terlihat tapi di beberapa pria, gejalanya jelas terlihat.

Tapi, apapun kemungkinan dari fenomena ini, ingatlah bahwa pasangan Anda membutuhkan banyak pelukan dan ciuman baik mereka mengalami siklus atau tidak. Jadi tunjukkanlah perhatian yang cukup baginya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya