Ini Tips Agar Flu Tak Makin Parah

Ilustrasi sistem kekebalan tubuh yang buruk
Sumber :
  • Pixabay/ Mojpe

VIVA.co.id – Mulai merasakan tenggorokan gatal dan sakit, kepala mulai terasa berat hingga sejumlah bagian tubuh terasa pegal? Bisa jadi ini merupakan gejala awal Anda akan mengalami flu.

Studi: Bawang Putih Australia Bisa Membunuh COVID-19 dan Flu, Diklaim Manjur 99 Persen

Dilansir laman Health.com, dokter praktik di Baylor- Garland Hospital di Garland Texas, Jane Sadler menyatakan, rata-rata orang dewasa berisiko menderita tiga kali flu atau pilek per tahun. Dan biasanya, rata-rata flu berlagsung selama sembilan hari.

"Tapi Anda tidak perlu menyerah. Ada cara untuk menghentikan flu sebelum penyakit itu semakin parah, dan keesokan harinya Anda akan merasa lebih baik," katanya.

Ratusan Burung Pipit di Balai Kota Cirebon Mati karena Cuaca Ekstrem

Jane pun menjelaskan, flu adalah penyakit yang paling sering menyerang manusia. Menyerang ketika pertahanan tubuh lemah atau sedang lelah.

Tapi banyak cara mencegah, juga mengobati jika sudah ada gejala atau tanda bahwa flu sedang mengintai tubuh Anda.

Bukan Minum Obat, Dokter India Lakukan Ini Untuk Cegah Flu

Banyak minum air atau jus

Saat gejala flu mulai menyerang, segera cegah dehidrasi. Saat flu, tubuh pun harus selalu terhidrasi dengan baik, karena jika tidak tenggorokan akan terasa sakit dan hidung mulai tersumbat, kata William Schaffner, MD, profesor dan ketua departemen kedokteran pencegahan di Vanderbilt University School of Medicine. Terus minum banyak air, jus, atau teh dan konsumsi  sup ayam untuk makan siang. Obat-obatan buatan rumah seperti sup ataupun air jeruk hangat benar-benar mampu meringankan gejala flu.

Berkumur dengan air garam

Untuk meredakan rasa gatal di tenggorokan, tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. "Garam menarik keluar kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan iritasi dari bagian belakang tenggorokan," kata Philip Hagen, editor medis Mayo Clinic Book of Home remedies. Air garam juga bermanfaat membersihkan bakteri dan virus.

Menjaga hidung tetap bersih

Menggunakan saline nasal spray setelah gejala flu muncul merupakan pertolongan pertama yang bisa mencegah flu makin parah. Tak hanya itu, mandi air hangat juga bisa membantu melancarkan saluran napas hidung.

Konsumsi Obat

Konsumsi obat pereda nyeri seperti asetaminofen untuk melawan sakit. Konsumsi juga obat-obatan anti alergi, seperti Zyrtec dan Benadryl. Obat ini, membantu meredakan gejala seperti hidung meler dan mata berair. Jika membutuhkan obat anti alergi, bisa membeli obat yang mengandung dekongestan, seperti Claritin D atau Alavert D. Obat ini membantu meredakan hidung tersumbat.

Minum madu

Selain konsumsi obat batuk, madu juga baik untuk mengobati batuk karena flu. Harley Rotbart, MD, profesor dan Wakil Ketua pediatrik dan penyakit menular pediatrik di University of Colorado School of Medicine pun menyarankan, satu atau dua sendok makan madu yang dicampur dalam secangkir teh panas bisa melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh.

Masker

Masker penutup wajah biasanya digunakan orang untuk pencegahan terhirupnya polusi udara yang tidak sehat ataupun mencegah orang lain tertular flu yang sedang diderita. Tapi, masker juga memiliki bahaya walau tak terlihat. Karena selalu menyaring udara yang masuk, tentunya banyak kotoran atau residu yang tersaring di masker. Residu inilah yang berbahaya bagi kesehatan. Partikel halus yang menempel di kain masker kalau tidak dicuci dengan air bersih dapat terhirup dalam saluran pernapasan kita. Bukannya flu mereda, justru bisa semakin parah. Untuk itu, dianjurkan, menggunakan masker sekali pakai.

Istirahat

Jika memungkinkan, akan lebih baik Anda beristirahat di rumah dan menjauhkan pekerjaan kantor. Karena, tubuh Anda dapat melawan virus lebih baik jika Anda melakukan istirahat yang sempurna. Tapi jika Anda harus tetap bekerja, sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan kontak dengan rekan sekantor. Karena menurut Janet O'Mahony, MD, seorang dokter penyakit dalam di Mercy Medical Center di Baltimore, flu sangat mudah menular. Untuk menjaga dari berbagi kuman, cuci tangan Anda secara teratur atau menggunakan disinfektan gel berbasis alkohol.

Sering mencuci tangan

Ini adalah salah satu hal paling mudah namun sering diabaikan. Mencuci tangan merupakan hal nomor satu yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Oleh karena itu, sangat penting mencuci tangan sebelum makan, mencuci tangan setelah memegang atau menyentuh sesuatu yang memungkinkan Anda terkontaminasi dengan kuman. Sempatkan membersihkan tangan saat Anda berhenti untuk beristirahat.

Jika sulit menemukan air untuk mencuci tangan, sediakan hand sanitizier atau pembersih tangan berbasis alkohol. Ini merupakan salah satu cara murah dan efektif untuk mencegah datangnya kuman penyebab flu.

Pergi ke dokter

Jika Anda merasa lebih buruk atau demam, mulai muntah, atau mengembangkan sakit kepala yang semakin buruk, hubungi dokter. Ini Anda adalah tanda-tanda Anda punya sesuatu yang lain dan bukan sekadar flu biasa. Dan mungkin, Anda butuh obat antivirus  antibiotik, atau pengobatan lainnya. Jika kondisi mulai membaik, Anda hanya butuh melakukan rutinitas yang lebih sehat, untyk memastikan kondisi Anda semakin membaik.

Suplemen vitamin

Vitamin C populer dan terbukti kekuatannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak ada salahnya Anda mengonsumsinya saat gejala flu mulai menyerang. Untuk mencegah dehidrasi, pastikan Anda telah mengonsumsi banyak air putih sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya