Ponsel Kotor Bisa jadi Pemicu Flu Makin Parah

Seorang warga memainkan game ponsel Pokemon Go di Tokyo, Jepang.
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVA.co.id – Di tengah musim pancaroba, flu menjadi penyakit yang sering menyerang. Meski ringan, tapi flu bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Dilansir laman Times of India, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mencegah flu.

Studi: Bawang Putih Australia Bisa Membunuh COVID-19 dan Flu, Diklaim Manjur 99 Persen

Selain cuci tangan, Anda pun perlu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Karena bisa jadi, gejala flu semakin bertambah parah karena di sekeliling Anda banyak kuman dan debu. Untuk itu, berikut ini tips meredakan flu.

Bersihkan ponsel Anda

Ratusan Burung Pipit di Balai Kota Cirebon Mati karena Cuaca Ekstrem

Banyak orang awam mengetahui bahwa mencuci tangan dilakukan agar tangan bersih dari kotoran dan kuman. Apapun jenis pekerjaan yang Anda lakukan, apalagi jika Anda menyentuh sesuatu yang pernah dipegang orang yang terinfeksi, Anda akan menjadi lebih rentan sakit.

Jadi sering-seringlah mencuci tangan. Biasanya, selain menggunakan air dan sabun, Anda seringkali menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Jangan lupa bersihkan juga ponsel Anda yang sering ditaruh di manapun atau Anda pegang setelah bersalaman dengan orang sakit atau menekan tombol lift. Bisa dengan tisu pembersih secara rutin untuk memangkas kemungkinan kuman masuk ke dalam mulut.

Bukan Minum Obat, Dokter India Lakukan Ini Untuk Cegah Flu

Sirkulasi udara

Udara di dalam ruangan bisa lima kali lebih berpolusi dibandingkan udara di luar ruangan, jadi pastikan Anda bernapas di dalam ruangan yang berventilasi baik. Bukalah jendela ketika Anda berada dalam ruangan. Menaruh tanaman dalam ruangan seperti lidah buaya atau bunga lili dapat menjadi cara yang baik untuk membantu menyaring udara dari senyawa organik yang mudah menguap sehingga udara menjadi lebih bersih.

Bersihkan sekeliling dengan seksama

Dapur, pegangan pintu, saklar lampu, pinggiran kursi dan meja, semua bisa menjadi sarang kuman. Jadi bersihkan semua area umum yang selalu Anda sentuh. Anda juga bisa menggunakan tea tree oil sebagai disinfektan.

Tidur yang cukup

Jika tubuh Anda kurang istirahat, dia akan lemah untuk melawan infeksi. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa jika tubuh tidak mendapatkan tidur berkualitas, hal ini tidak akan bisa menstimulasi respons kekebalan tubuh yang membantu melawan virus. Ini adalah perlindungan tubuh yang sangat terpercaya dalam melawan infeksi.

Minum teh hijau atau teh hitam

Tidak hanya kandungan teh yang dapat mencegah Anda dari infeksi, uap panas yang Anda hirup saat menyesap teh dapat membantu membersihkan saluran napas Anda. Tambahkan juga lemon dan madu pada teh Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tambah asupan zat seng

Banyak dari kita yang percaya kalau vitamin C lebih baik dalam mencegah virus, tapi zat seng juga punya manfaat yang setara. Zat seng biasa ditemukan dalam kacang-kacangan, biji labu, dan bayam. Zat ini memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan bertindak sebagai pelindung tubuh dari flu.

Olahraga rutin

Sudah terbukti bahwa ada kaitan antara kekebalan tubuh dengan olahraga, karena itulah para ahli menganjurkan olahraga rutin sebagai cara mencegah infeksi.

Hindari makanan di luaran

Dengan banyaknya virus penyebab penyakit tersebar di mana-mana, makan-makanan dari luaran akan meningkatkan risiko Anda terkena virus ataupun kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya