Ingin Produktif di Kantor, Lakukan Kegiatan Sederhana Ini

Ilustrasi Meja Kerja
Sumber :
  • REUTERS/Stefan Wermuth

VIVA.co.id – Ketika berkerja, kebanyakan orang hanya fokus menghabiskan waktu untuk pekerjaannya saja, dan tidak terlalu memperhatikan meja tempat kerjanya. Padahal, meja tempat bekerja tak hanya dapat mempengaruhi produktivitas tapi juga suasana hati.

Gen Z, Siap Hadapi Dunia Kerja? Ini Tips Kelola Keuangan Agar Tak Terlilit Utang

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengubah hal kecil di sekeliling Anda seperti meja kerja atau kegiatan sederhana, yang mampu membuat memperbaiki mood Anda, sehingga mampu memperbaiki kinerja Anda di kantor. Seperti dilansir laman Times of India.

Rapikan Meja

Terungkap, Ini Alasan Banyak Orang Sulit Dapat Pekerjaan Layak

Usahakan untuk selalu menjaga kerapihan meja kerja Anda. Meja yang berantakan tidak hanya akan menambah beban pekerjaan tapi juga menyebabkan stres dan menurunkan efisiensi Anda. Sisihkan 10 menit di akhir hari Anda untuk merapikan kertas, file, dana alat tulis Anda.

Bersihkan barang yang tidak dibutuhkan

Ciptakan Keadilan Bagi Pekerja dan Pengusaha, Menaker Terapkan Upah Berbasis Produktivitas

Sekali atau dua kali seminggu, buka laci-laci meja Anda untuk membuang kertas-kertas atau file yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Jika Anda suka menyimpan makanan di kubikel Anda, periksa kembali tumpukan makanan Anda, apakah ada yang sudah melewati masa kadaluarsa.

Taruh tanaman kecil

Tempatkan sebuah tanaman dalam ruangan yang kecil. Tanaman ini tidak hanya akan mencerahkan pemandangan meja, tapi juga dapat menyerap racun-racun yang tersebar dari pembersih lantai, karpet, printer, dan sebagainya.

Lakukan peregangan

Duduk selama berjam-jam di depan komputer akan membuat otot pundak dan punggu Anda tegang, begitu juga dengan mata Anda. Jadi, bangunlah setiap 20-30 menit untuk meregangkan kaki Anda. Lakukan pula olahraga sederhana sambil duduk di kursi atau berdiri di dekat kursi. Selain itu, istirahatkan mata Anda setiap jam dengan melakukan olahraga mata dan gunakan obat tetes mata untuk mengurangi mata kering.

Gunakan tangga

Pilih tangga sebagai alternatif menuju ruangan Anda dan berjalan kaki di sekitar gedung kantor untuk meregangkan kaki Anda saat jam istirahat. Aktivitas ini dapat membantu Anda mengurangi stres di bagian punggung.

Bawa bekal dari rumah

Makanan kantin mungkin menawarkan menu yang menggoda, tapi semua itu belum tentu baik untuk kesehatan Anda. Alangkah lebih baiknya jika Anda membawa bekal makan siang dari rumah sesering mungkin dan simpan kudapan sehat di laci Anda yang bisa Anda konsumsi saat lapar.

Hias meja kerja

Menaruh foto pribadi di meja kerja memang tidak dianjurkan, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menghiasnya sedikit sesuai keinginan. Suvenir kecil dari tempat Anda traveling atau mug favorit Anda bisa memberikan suasana berbeda pada meja kerja.

Sediakan pelembab

Duduk di ruangan ber-AC sepanjang hari bisa merusak kesehatan kulit Anda, karena itu selalu sediakan pelembap dan lipbalm di laci Anda dan gunakan di sepanjang hari.

Perhatikan hidrasi tubuh

Jaga hidrasi tubuh Anda dengan minum teh hijau atau jus buah-buahan daripada meminum teh atau kopi.

Periksa sudut kerja Anda

Jangan sampai sudut tempat kerja Anda membuat leher Anda tegang. Sesuaikan posisi kursi Anda secara benar sehingga dapat menopang punggung, lengan, dan kaki Anda dengan baik. Pastikan juga layar komputer Anda tidak terlalu terang atau redup dan sejajar dengan pandangan Anda.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya