Fakta tentang Penyakit Lupus yang Diderita Selena Gomez

Selena Gomez
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni

VIVA.co.id – Sudah hampir satu tahun semenjak penyanyi cantik Selena Gomez mengungkapkan bahwa ia menderita penyakit lupus. Selena memutuskan untuk istirahat sejenak akibat depresi dan kegelisahan yang disebabkan oleh penyakit tersebut. Berikut beberapa fakta tentang lupus yang diderita Gomez, dilansir HollywoodLife.

Selena Gomez Ngaku Merasa Paling Aman saat Pacaran sama Benny Blanco

1. Lupus adalah penyakit kronis yang menyerang sistem imun.
Lupus yang merupakan autoimun terjadi saat adanya gangguan pada sistem imun dan tidak bisa dibedakan apakah itu disebabkan oleh kesehatan jaringan tubuh atau serangan bakteri atau virus. Biasanya gejala dan tanda-tanda lupus bisa terlihat hingga enam pekan bahkan bertahun-tahun.

2. Depresi dan gelisah adalah efek tersembunyi akibat lupus
Salah satu gejala umum lupus adalah kelelahan. Sarah Stothers RN, dikutip dari HollywodLife, mengatakan pada Medical Daily bahwa gejala umum lupus lain adalah pembengkakan sendi, ruam menyerupai kupu-kupu pada wajah, sakit kepala, dan kerontokan.

Selena Gomez di Semprot Warganet Usai Unggah Konser SNSD

3. Selena adalah satu dari jutaan penderita lupus di dunia
Diperkirakan terdapat lebih dari 5 juta orang di dunia yang menderita lupus. Penyakit ini biasa menyerang perempuan usia 15-44 tahun. Di Amerika Serikat, terdapat 16 ribu kasus lupus terjadi setiap tahunnya.

4. Lupus tidak ada hubungan dengan kanker
Kemoterapi adalah bentuk penanganan lupus, seperti yang pernah dijalani Selena, namun bukan berarti terapi ini membuat lupus memiliki hubungan dengan kanker. Kanker merupakan jaringan jahat yang menyebar ke jaringan tubuh lain.

Bikin Kaget! Begini Potret Selebritis Jika Tampil Tanpa Make Up

5. Tidak semua lupus membahayakan
Para penggemar Gomez mungkin beranggapan lupus membahayakan hidupnya. Lupus terdiri dari banyak tingkatan dari yang ringan hingga yang paling berat. Namun dengan perawatan yang baik, penderita lupus tetap dapat menjalani hidup yang normal. Tentunya Gomez pasti berada di bawah pengawasan dokter yang sangat baik.

Pemain Inter Miami, Lionel Messi melawan LA Galaxy

Tembus 500 Juta Follower, Lionel Messi Masih di Bawah Cristiano Ronaldo

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu terlibat persaingan sengit. Tak hanya di lapangan hijau, ternyata persaingan juga terjadi di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024