Tips Sederhana Hindari Makan Berlebih

Ilustrasi makan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mungkin Anda sudah bersusah payah mencari cara mengontrol pola makan dengan tidak makan berlebihan dan mengatur apa yang dimakan.

Tips Jalani Pola Hidup Sehat untuk Cegah Sakit Batu Ginjal

Makan berlebihan tidak hanya memengaruhi tubuh, tetapi juga pikiran Anda. Rasa tenang mungkin Anda dapat saat makan, namun secara langsung hal tersebut juga memengaruhi emosi Anda. Letih, lelah dan malas mungkin adalah sebagian efek yang Anda rasakan akibat makan berlebihan.

Dilansir dari laman Boldsky, perasaan seperti di atas akan memberikan perubahan negatif pada diri Anda. Hal ini disebabkan karena makan berlebih memengaruhi Anda secara mental dan mengurangi rasa percaya diri.

11 Tips Hidup Sehat Supaya Terhindar dari Penyakit Menurut WHO

Pengaruh secara fisik dapat terlihat secara kasat mata ketimbang efek secara mental. Makan berlebihan adalah cara paling cepat untuk menggagalkan diet dan menaikkan berat badan Anda.

Ketika Anda makan berlebihan, tubuh menjadi stres, begitu pula dengan saluran pencernaan. Tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik. Kegemukan, kembung, lelah dan penyakit kronis adalah beberapa efek fisik akibat makan berlebih.

Tips Hidup Sehat untuk Generasi Millenial yang Sibuk Lembur

Untuk mencegah atau keluar dari kebiasaan berikut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Ketika makan, isilah piring Anda dengan makanan sehat terlebih dahulu.

Jangan berbelanja dalam keadaan lapar. Menurut penelitian, berbelanja dalam keadaan lapar akan memicu Anda untuk membeli makanan yang tidak sehat dan tinggi kalori.

Usahakan menggunakan wadah atau piring berwarna biru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin bervariasi warna makanan, semakin banyak pula semakin banyak pula Anda makan. Tidak hanya itu, gunakan wadah atau piring dengan ukuran kecil agar porsi makan lebih sedikit.

Selanjutnya, jauhkan makanan yang tidak sehat dari jangkauan. Ganti makanan tersebut dengan makanan sehat. Tidak hanya membuat kenyang, makanan ini akan menjaga Anda tetap kenyang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya