Lima Cara Sederhana Redakan Stres

Ilustrasi gangguan jiwa
Sumber :
  • Pixabay/Lando

VIVA.co.id – Semua orang merasakan stres dan cemas di saat-saat tertentu. Perasaan ini terbilang normal dan umum terjadi bagi setiap orang. Namun, jika Anda terlalu sering mengalami rasa cemas berlebihan dan gelisah berkepanjangan, sebaiknya periksakan kesehatan Anda ke dokter.

3 Dampak Stres pada Hormon dan Berat Badan

Kecemasan dapat menurunkan rasa percaya diri saat melakukan aktivitas apapun. Kecemasan tentu mengganggu kesehatan mental.

Namun, jangan khawatir, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa cemas dan gelisah berlebihan. Berikut caranya dilansir laman Boldsky.

1. Olahraga teratur
Olahraga teratur adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa cemas dan stres. Cukup luangkan waktu beberapa menit untuk berolahraga baik di dalam maupun luar rumah.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Stres dengan Teh Lavender

2. Makan seimbang
Mengonsumsi makanan dengan kadar seimbang akan menjaga kesehatan Anda secara fisik dan mental. Tambahkan buah atau sayur dalam menu makanan Anda. Hindari junk food dan makanan tidak sehat lainnya.

3. Pola hidup sehat
Kebiasaan seperti merokok dan mengonsumsi alkohol justru memperparah penyakit ini. Hilangkan kebiasaan buruk di atas dengan komitmen dan motivasi yang kuat.

5 Tanda Anak Stres di Sekolah dan Pertemanan

4. Aromaterapi
Cara ini memang terbilang “jadul” tetapi bisa meredakan rasa depresi, cemas dan stres. Aroma seperti lavender, rosemary dan lainnya akan membuat pikiran tenang.

5. Tidur yang Cukup
Kurang tidur dapat menyebabkan rasa cemas atau stres. Kualitas tidur dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik.

Ilustrasi kakak beradik.

Dekat dengan Saudara Bermanfaat bagi Kesehatan Mental

Anak yang berkonflik dengan orangtua, rentan mengalami masalah mental

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2018