Ketahui Dampak Buruk Penggunaan Microwave pada Makanan

Microwave.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Microwave sudah menjadi alat memasak yang praktis dan mudah digunakan. Namun, apakah penggunaannya selalu aman?

Moms! Masak Jauh Lebih Efisien Kalau Punya 4 Small Cooking Appliances Ini

Microwave memiliki tube elektron yang disebut magnetron yang mengakibatkan radiasi elektromagnetik jarak gelombang yang lebih pendek (mikro).

Gelombang mikro ini akan menggetarkan molekul air dalam makanan, hingga membangkitkan panas untuk memasaknya. Inilah sebabnya makanan dengan kandungan air tinggi butuh waktu lebih sedikit di dalam microwave.

Gedung Putih Panik Serangan Siber, Kulkas hingga TV Dipantau

Meskipun radiasinya terbatas, namun banyak orang yang merasa kalau proses memasak dengan alat ini berisiko untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa efek negatif penggunaan microwave pada kesehatan yang dilansir laman Boldsky.

1. Microwave menghilangkan nutrisi pada makanan

Hangatkan Kembali Makanan Bersantan Sangat Berbahaya, Begini Kata Pakar Nutrisi

Makanan yang terpapar panas microwave dikatakan akan kehilangan nutrisinya. Hal ini karena molekul air di dalamnya berputar cepat dengan frekuensi tinggi, sehinga friksi molekular terjadi dan makanan menjadi panas. Hal ini menyebabkan perubahan struktur molekular dalam makanan dan menghilangkan nutrisi baiknya.

2. Microwave menghasilkan karsinogen dalam makanan

Menurut sejumlah penelitian, memasukkan makanan ke dalam microwave menggunakan wadah plastik sangatlah berisiko. Wadah yang digunakan untuk memanaskan makanan ini akan melepaskan karsinogen bersamaan dengan racun lainnya dan mereka terlepas ke dalam makanan lalu masuk ke dalam tubuh saat dikonsumsi.

3. Microwave dapat mengubah pembentukan darah baru

Beberapa penelitian mengatakan bahwa pembuatan darah baru akan mengalami perubahan pada orang yang mengkonsumsi susu dan sayuran yang dipanaskan dengan microwave. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang dipanaskan dengan microwave dapat menyebabkan penurunan sel darah merah dan meningkatkan sel darah putih, begitu juga dengan peningkatan kolesterol.

4. Microwave memengaruhi ASI dan vitamin

Penggunaan microwave akan merusak sekitar 30-40 persen vitamin B12 yang penting bagi tubuh. Memanaskan ASI beku dengan microwave juga akan membunuh agen penangkal bakteri di dalamnya dan menyebabkan tumbuhnya bakteri E coli. Meski menggunakan suhu rendah, juga tidak disarankan.

5. Microwave dapat mengubah detak jantung

Radiasi yang dilepaskan micrwave dapat memengaruhi detak jatung dan variabilitasnya. Jika Anda merasa tidak nyaman karena detak jantung yang tidak teratur atau ketidaknyamanan di dada setelah sering menggunakan microwave, cara terbaik adalah segera menghentikannya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya