Waspadai 5 Penyakit Akibat Minum Teh Berlebihan

Ilustrasi teh
Sumber :
  • Pixabay/???????

VIVA.co.id – Hampir semua orang menyukai teh. Bahkan meminum teh sudah menjadi tradisi di beberapa negara di dunia.

Ternyata Ada Waktu Terbaik Menikmati Teh di Jepang

Namun tahukah Anda bahwa terlalu banyak meminum teh justru memicu timbulnya penyakit? Apa saja itu? Berikut di antaranya dilansir laman Boldsky

1. Gelisah
Kafein dalam teh memang baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi berlebihan maka akan memicu masalah seperti kegelisahan dan dapat menyebabkan susah tidur.

Ternyata Minum Teh di Pagi Hari Tak Disarankan, Kenapa?

2. Kanker prostat
Ini adalah dampak terburuk akibat meminum teh berlebihan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi beberapa cangkir teh dalam sehari memiliki risiko 50 persen lebih besar terkena kanker prostat ketimbang mereka yang tidak sering meminum teh.

3. Gagal Ginjal
Ini jarang terjadi, namun ini bukanlah hal yang tidak mungkin. Baru-baru ini, seorang warga Amerika menderita gagal ginjal akibat konsumsi teh berlebihan.

Teh Celup Bekas Ternyata Ampuh Obati 5 Jenis Luka Ini

4. Konstipasi
Sebagian orang percaya bahwa meminum teh di pagi hari dapat memperlancar gerak usus. Namun, hal sebaliknya justru terjadi jika teh dikonsumsi berlebihan. Senyawa kimia dalam teh bisa menyebabkan efek dehidrasi pada usus yang bisa menyebabkan konstipasi.

5. Masalah kardiovaskuler
Mereka yang bermasalah dengan kesehatan jantung atau baru saja melakukan perawatan kardiovaskuler harus menghindari konsumsi teh hitam. Teh hitam mengandung kafein yang tidak cocok untuk sistem kardiovaskuler tersebut.

manfaat teh tawar

8 Manfaat Teh Tawar Hangat bagi Tubuh Manusia

Rasakan manfaat minum teh tawar.

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2019