Cara Alami Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Minyak zaitun
Sumber :

VIVA.co.id – Kolesterol merupakan komponen penting dari tubuh kita. Tetapi di lain sisi juga bisa menjadi hal yang buruk bagi tubuh. Kolesterol memainkan peran penting dalam fungsi normal sistem kesehatan tubuh. Yang perlu diingat adalah bahwa semuanya harus dalam batas wajar. Ketika Anda terus memproduksi kolesterol, maka ia akan terus beredar dalam aliran tubuh.

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah dapat memblokir pembuluh darah dan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan stroke. Tetapi tidak perlu begitu khawatir karena ada beberapa cara alami untuk mengurangi kolesterol. Anda hanya perlu membuat beberapa perubahan dalam gaya hidup Anda untuk menurunkan kolesterol ‘jahat’ dan meningkatkan kolesterol ‘baik’ untuk hidup sehat. Itu bisa dilakukan mulai dari asupan makanan dan aktivitas fisik.

Seperti dilansir dari Indian Express, Kanchan Naikawadi, spesialis kesehatan preventif, Indus Health Plus, Delhi, berbagi tipsnya.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL (jahat) tanpa mengurangi tingkat kolesterol HDL (baik). Mengonsumsi dua sendok makan (sekitar 23 gram) minyak zaitun per hari memberikan manfaat kesehatan jantung yang luar biasa.

Tanpa Disadari, Konsumsi Makanan Ini saat Buka Puasa Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol

Omega 3

Omega 3 asam lemak meningkatkan HDL. Sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat ditemukan di dalam ikan, biji rami, kacang-kacangan dan almond.

Bawang putih

Bahan yang menambah rasa makanan kita ini sangat baik bagi kesehatan. Bawang putih ampuh menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi terhadap infeksi. Konsumsilah 2-4 siung bawang putih segar dalam sehari.

Teh

Teh hitam merupakan akan menurunkan kadar kolesterol LDL. Sangat disarankan untuk meminumnya satu cangkir teh setiap hari.

Aktivitas fisik

Aktivitas fisik membantu Anda mengontrol berat badan. Dengan demikian, mengurangi kesempatan Anda untuk mengembangkan kondisi yang dapat membebani hati Anda, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Rutin melakukan aktivitas fisik juga mengurangi stres, yang merupakan faktor utama dalam penyakit jantung. 30 menit latihan secara konsisten cukup menurunkan berat badan secara alami.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya