Pentingnya Memahami Pemberian Makanan Bernutrisi untuk Anak

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id –Asupan gizi yang baik, sangat dibutuhkan untuk si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini diperlukan, agar tumbuh kembangnya optimal. Oleh karena itu, orangtua dianjurkan untuk memberikan nutrisi secara makro dan mikro pada anak.

Menu Sederhana Bikin Si Kecil Semangat Sahur, Cuma 2 Bahan

Saat anak di usia dini, 1-3 tahun, banyak orangtua yang masih bingung dalam memberikan asupan nutrisi yang seimbang. Untuk itu, disarankan agar orangtua selalu berpedoman pada piramida makanan dan tidak lagi berpatokan pada empat sehat lima sempurna.

"Sekarang pedomannya adalah piramida makanan mencakup jenis karbohidrat paling banyak, protein secara hewani dan nabati, vitamin dan mineran di sayur dan buah, serta lemak," ucap ahli nutrisi, dr. Dian Permatasari, M. Gizi, SpGK, yang ditemui di acara Dukung Anak Indonesia Menjadi Anak Yang Supel, SGM Eksplor, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 27 September 2016.

Pentingnya Asupan Protein Hewani Pada Anak untuk Cegah Stunting

Ditambahkannya, pemberian jenis-jenis asupan tersebut harus semakin sedikit jumlah pada bagian atas atau piramidanya. Namun, pemberian nutrisi paling penting dari piramida tersebut bisa dibagi menjadi dua yaitu mikro dan makro.

"Makronutrien itu mencakup protein seperti tempe, tahu, daging kemudian susu. Susu dinilai penting karena memiliki efek kalsium yang tinggi. Sedangkan mikronutrien mencakup vitamin dan mineral dari sayur dan buah," jelasnya.

Masakan Si Kecil Boleh Tambah Penyedap Rasa? Ini Kata Dokter Gizi

Ia berujar bahwa pemberian keduanya tersebut harus berimbang agar membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Di samping itu, pemberian asupan gizi sebaiknya dibarengi juga dengan pola hidup sehat yang dicontohkan orangtua.

"Ajak anak banyak beraktivitas fisik, minum air putih delapan gelas sehari, dan terakhir yang sering diabaikan adalah mencuci tangan sebelum mencicipi makanan," kata dia.

Gisel dan Gempi.

Gara-gara Hal Ini, Gisel Pernah Dibuat Stres oleh Gampi

Artis Gisella Anastasia atau yang lebih akrab dengan nama Gisel bercerita tentang kegiatannya mengurus sang buah hati tercinta, Gempi yang kini sudah berusia 8 tahun.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2023