Aturan Konsumsi Antibiotik untuk Si Kecil

ilustrasi obat/produk kesehatan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Si kecil yang sempat mengalami sakit selama beberapa hari akibat bakteri, biasanya diberikan resep antibiotik oleh dokter untuk diminum selama 10 hari. Namun, bagaimana saat kondisi membaik dalam waktu kurang dari 10 hari, haruskah obat antibiotik dihabiskan?

MA Amerika Serikat Batasi Peredaran Pil Aborsi

Beberapa infeksi bakteri seperti gatal di tenggorokan biasanya membutuhkan resep selama 10 hari. Ada juga beberapa yang diresepkan dalam waktu kurang dari itu.

Seringkali, demamnya reda dan si kecil sudah agak membaik dalam waktu satu hingga dua hari usai diberikan obat resep oleh dokter. Namun, bukan berarti hal itu jadi alasan untuk menghentikan pemakaian obat antibiotik.

Kombinasi Pengobatan Kanker Paru dengan Imunoterapi Janjikan Harapan Hidup Lebih Tinggi

Seperti dilansir laman Todaysparent, kondisi tersebut mungkin saja menunjukkan bahwa bakteri yang lemah telah mati, namun tidak dengan bakteri yang kuat. Jika Anda menghentikan pemakaian antibiotik, bakteri yang resisten malah akan semakin tumbuh lebih banyak.

Dan hal tersebut memicu si kecil mengalami infeksi lebih lanjut yang mungkin saja semakin parah. Oleh sebab itu, Anda harus ikuti anjuran resep konsumsi obat antibiotik yang diberikan dokter.

Biasa Minum Obat Pereda Nyeri saat Menstruasi? Dokter Ungkap Dampak Buruknya

Menurut spesialis anak, dr Dina Kulik, jika antibiotik yang diberikan telah habis sebelum waktu yang disarankan dokter, segera membeli kembali di apotek. “Penting untuk tetap mengonsumsi obat antibiotik sesuai waktu yang diresepkan guna menghindari bakteri di tubuh si kecil menjadi resisten,” katanya.

Ilustrasi ibu hamil.

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik untuk Ibu Hamil, Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter Kandungan

Mudik menjadi tradisi yang sangat dinantikan oleh banyak orang, terutama menjelang hari raya. Hal ini sering kali membuat ibu hamil was-was mengingat perjalanan panjang.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024