80 Persen Kebutaan Sebenarnya Tidak Perlu Terjadi

Ilustrasi kebutaan.
Sumber :
  • pixabay/Tobias D

VIVA.co.id –  Masalah gangguan penglihatan di dunia, 90 persennya ternyata terjadi di negara-negara berkembang atau negara yang sedang membangun, termasuk Indonesia.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Gangguan penglihatan dan kebutaan di Indonesia telah menjadi salah satu masalah serius. Sebagai negara tropis dengan tingkat sinar matahari yang tinggi, penderita mata katarak di Indonesia terus meningkat.

Menurut Wakil Ketua Komisi Mata Nasional dr. Aldian Halim, SpM(K), sebenarnya 80 persen gangguan penglihatan atau kebutaan tidak perlu terjadi. Kondisi itu bisa diperbaiki, dicegah, atau dihindari.

Ancaman Kebutaan Mengintai! 111,8 Juta Penduduk Indonesia Berisiko Glaukoma di Tahun 2040

Lebih lanjut Aldian mengatakan, kebutaan ini 82 persen diderita oleh mereka yang berusia di atas 50 tahun.

Lisa Reid sembuh dari kebutaan setelah kepalanya terbentur meja

Indonesia Peringkat 3 dengan Jumlah Gangguan Penglihatan Terbanyak di Dunia

"Ada tren demografi yang mengkhawatirkan mengenai angka kebutaan di usia lanjut, pada tahun 2030 nanti akan meningkat dua kali lipat. Ini memerlukan perhatian serius dalam penanganan kebutaan," kata Aldian saat konferensi pers Hari Penglihatan Sedunia di Kemenkes, Jumat, 7 Oktober.

Kondisi ini juga diperparah dengan bertambahnya usia harapan hidup di Indonesia. Hal ini menyebabkan orang dengan usia lanjut akan semakin banyak yang artinya masalah gangguan mata karena usia lanjut juga akan semakin meningkat.

ilustrasi kelopak mata

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Pakai lensa kontak dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna seperti lebih ringan dan jarak pandang lebih luas.  Namun pemilihan lensa kontak yang salah bisa iritasi

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024