Studi: Ras dan Ekonomi Pengaruhi Dimulainya Masa Haid

Ilustrasi pembalut
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lutfi

VIVA.co.id – Menstruasi adalah periode penting bagi wanita. Selain menjadi tolak ukur masa subur seseorang, menstruasi juga bisa menjadi indikasi kondisi kesehatan seorang wanita.

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan

Terjadinya siklus haid berkaitan dengan kondisi kesehatan dan tingkat stres seseorang. Selain itu pola makan dan gaya hidup juga bisa menjadi faktor penentu siklus haid wanita.

Namun siapa sangka, selain faktor kesehatan ternyata Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa siklus menstruasi seorang wanita juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang hampir tidak ada kaitannya dengan kesehatan reproduksi Misalnya, faktor ekonomi dan identitas ras seseorang.

Kemen-PPPA: Perempuan Lebih Rentan Terdampak Perubahan Iklim karena Peran Tradisional Gender

Penelitian yang dilakukan oleh ESRC International Center for Lifecourse Studies at University College London mencoba mencari tahu beberapa faktor penting yang memengaruhi dimulainya siklus menstruasi seorang wanita.

Boneka Barbie pun kini bisa menstruasi

Menteri PPPA: Pemkab Wajo Contoh Keberhasilan Tekan Angka Perkawinan Anak

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa wanita yang memiliki latar belakang keluarga kurang beruntung dan kelompok etnis minoritas tertentu hampir tiga kali memiliki kemungkinan memulai masa haid di usia 11 tahun.

Dilansir Metro.co.uk, penelitian yang melibatkan 81 ribu wanita Inggris tersebut menemukan bahwa masa awal pubertas lebih cepat muncul pada mereka yang memiliki bobot tubuh kurang saat lahir, tidak mendapat ASI, dan kurang berolahraga saat kecil. Selain itu pada penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa kekayaan menjadi indikator terbesar apakah seorang gadis bisa memasuki masa menstruasi mereka lebih muda dibandingkan perempuan lainnya.

Perempuan yang memiliki berat badan lebih besar saat berusia tujuh tahun dan mengalami stres di masa anak-anaknya juga cenderung mengalami menstruasi di usia 11 tahun. Sementara itu, rata-rata usia dimulainya haid adalah sekitar 12 tahun dan 11 bulan.

Penelitian ini juga mencari tahu jika seorang perempuan mengalami menstruasi lebih awal ternyata berpotensi mengalami masalah kesehatan di usia lanjut, termasuk masalah kesehatan mental yang buruk, penyakit kardiovaskuler, dan risiko yang semakin tinggi terkena kanker.

Laporan ilmiah tersebut menelaah informasi dari hampir 6.000 wanita yang merupakan anggota dari Millennium Cohort Study (lembaga survei), yang sudah merekam kehidupan dari 19 ribu anak-anak Inggris yang lahir tahun 2000/2001.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa perempuan keturunan Indian, Banglades, dan Afrika cenderung memulai masa haidnya lebih awal, dengan perempuan India 3,5 kali lebih awal dibanding anak-anak berkulit putih.

Namun, indikator terbesar dari usia berapa seorang anak perempuan memulai menstruasi adalah kekayaan. Saat ini, satu di antara 10 anak perempuan memulai menstruasi mereka di usia 11 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya