Makanan yang Baik Dikonsumsi Pasca Operasi Bedah

Ilustrasi buah dan sayur.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Pasca operasi, tubuh melakukan penyesuaian. Selain itu, dalam masa pemulihan biasanya tubuh membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak.

5 Manfaat Tidur Cepat yang Membangun Kesehatan

Mengonsumsi jenis makanan yang tepat tentunya dapat mempercepat proses penyembuhan dan membantu mengurangi pembengkakan atau ketidaknyamanan yang Anda alami setelah operasi.

Makanan yang kaya protein seperti susu atau kacang-kacangan juga dapat membantu tubuh untuk memenuhi nutrisi dan mempercepat pemulihan. Dilansir dari laman Boldsky, berikut ini 8 makanan yang baik Anda konsumsi pasca operasi.

Tips Menjaga Kondisi Tubuh Agar Sehat Selama Bulan Ramadhan

1. Makanan berserat

Setelah operasi, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Bahan makanan seperti roti gandum merupakan sumber yang baik bagi pencernaan.

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

Buah-buahan dan sayuran segar juga merupakan sumber yang kaya akan serat. Selain itu, buah dan sayur juga kaya nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Sayur dan buah juga mampu mempercepat proses pemulihan dan mengatasi sembelit.

2. Makanan kaya protein

Pasca operasi tubuh membutuhkan protein, karena protein mampu membentuk dan meregenerasi jaringan baru pada kulit yang luka. Jenis makanan seperti kacang-kacangan, dan daging ayam mampu mempercepat proses penyembuhan dan memberikan energi lebih bagi tubuh.  

3. Makanan kaya lemak sehat

Lemak sehat adalah salah satu komponen penting yang dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan pasca operasi. Lemak juga memberikan energi bagi tubuh. Lemak sehat tersebut berasal dari kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Selain itu, lemak sehat juga mampu membantu penyerapan vitamin dalam tubuh.

4. Makanan kaya antioksidan

Setelah operasi, perlu untuk mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan untuk melawan radikal bebas yang banyak dilepaskan selama operasi. Buah-buahan citrus seperti jeruk, atau apel yang mengandung banyak vitamin C (salah satu agen antioksidan) sangat baik dikonsumsi. Sayuran seperti brokoli, bayam, wortel, dan teh hijau, merupakan sumber yang baik dari antioksidan dan harus dikonsumsi sebelum dan setelah operasi untuk meminimalkan efek berbahaya dari operasi.

5. Makanan untuk menguatkan usus

Antibiotik biasanya diberikan setelah operasi untuk mengurangi efek berbahaya dari operasi. Namun antibiotik bisa mematikan bakteri baik dalam usus sehingga memengaruhi sistem kekebalan. Makanan fermentasi, seperti, kacang-kacangan, adalah sumber utama makanan untuk memperkuat usus.

Kacang-kacangan.

6. Makanan mengandung banyak air

Air membantu proses pembuangan dan metabolisme tubuh. Sehingga mampu membuang racun lewat keringat dan urine. Karena itu, pasca operasi, tubuh harus tetap teridrasi. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka atau minum 6-8 gelas air setiap hari dapat membantu menghidrasi tubuh dengan baik.

7. Makanan kaya akan mineral

Makanan yang kaya mineral dapat membantu penyembuhan luka pasca operasi. Selain itu mineral juga membantu dalam memperkuat otot. Telur, makanan laut, kacang-kacangan merupakan sumber yang baik dari mineral.

8. Makanan mudah dicerna

Setelah operasi, sistem pencernaan kita tidak terlalu kuat. Karena itu tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna.Sebaiknya konsumsi bahan makanan yang mudah dicerna, contohnya sagu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya