Sulit Buang Air Besar? Atasi Dengan Cuka Apel

Ilustrasi cuka
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sulit buang air besar (konstipasi) disertai dengan perut kembung tentu membuat Anda tidak nyaman. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh makan berlebihan, kurang cairan, stres dan gangguan makan.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Setelah Berhubungan Seks

Ada berbagai cara mengatasi kondisi tersebut, misalnya dengan cara menerapkan perubahan kecil pada gaya hidup dan pola makan kita. Contohnya meningkatkan jumlah cairan dalam tubuh dengan minum air putih, makan dengan porsi yang lebih kecil dan kunyah secara perlahan-lahan atau mengurangi makanan yang menghasilkan gas yang banyak ketika dicerna.

Cara lain adalah dengan mengonsumsi obat yang bisa mengatasio konstipasi atau lebih aman Anda bisa mengonsumsi buah dan makanan kaya serat.

Gemar Makan Telur Mentah, Dokter: Bahaya Bagi Tubuh

Selain obat dan mengubah gaya hidup, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami di sekitar Anda untuk bisa membantu meredakan konstipasi yaitu cuka apel dan madu.

Dilansir laman Boldsky, Acetobakteri atau bakteri baik juga dapat ditemukan di cuka apel. Bakteri ini membantu menghancurkan makanan dan meredakan konstipasi. Namun, Anda perlu pastikan bahwa cuka apel yang dikonsumsi adalah cuka apel murni.

7 Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar Sesuai Anjuran Kemenkes

Tak jauh berbeda dengan cuka apel, kandungan eugenol dalam madu murni berfungsi untuk mengembalikan bakteri baik yang bekerja mencerna makanan dengan baik sehingga konstipasi perlahan hilang.

Anda cukup campurkan dua sendok makan masing-masing untuk madu dan cuka apel pada segelas air hangat. Minum setiap pagi hari.

Cuka apel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya