Ketahui Lima Sumber Probiotik Alternatif

Ilustrasi Yoghurt. Bakteri probiotik biasanya terdapat dalam yoghurt.
Sumber :
  • Pixabay/ ponce_photography

VIVA.co.id – Probiotik adalah bakteri baik yang hidup dan bekerja di usus untuk menjaga kesehatan Anda. Dilansir laman Live Strong, kadar bakteri ini bisa berkurang karena penggunaan antibiotik, stres dan virus.

Jarang Diketahui, 5 Makanan Sahur yang Bisa Membuat Puasa Tahan Lama

Jika berkurang maka saluran pencernaan akan terganggu sehingga bisa menyebabkan diare dan gangguan usus lain. Cara untuk mengembalikan kadar bakteri baik ini bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi minuman probiotik tinggi seperti di bawah ini:

Yoghurt

Viral Lomba Puasa Megang HP Bisa Dapat Rp158 Juta

Yoghurt merupakan salah satu sumber probiotik terbaik, namun tidak semua yoghurt dibuat dengan cara yang sama. Carilah yoghurt dengan kandungan bakteri aktif.

Susu fermentasi

5 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Dapat Menjaga Gula Darah Stabil

Kefir dan susu Acidophilus adalah produk fermentasi dan mengandung bakteri probiotik di dalamnya. Susu ini memiliki rasa yang mirip dengan yoghurt dan sudah tersedia di banyak tempat.

Acar kubis (sauerkraut)

Kubis fermentasi atau kerap disebut sauerkraut ini juga menjadi sumber probiotik pilihan. Bakteri baik ditambahkan dalam makanan ini dan berkembang aktif selama proses fermentasi.

Suplemen probiotik

Bakteri probiotik bisa ditemukan pada suplemen yang mengandung acidophilus dan bifido bacterium. Keduanya adalah pengganti bakteri baik yang tepat bagi usus.

Produk fermentasi

Mengonsumsi makanan fermentasi baik bagi tubuh selama tidak ada keluhan setelah mengonsumsinya. Ikan fermentasi dan tempe bisa menjadi pilihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya