Inilah Cara Meningkatkan Kualitas Mental

Ilustrasi jomblo.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Membangun pikiran yang positif akan berdampak pada bagaimana kita menilai diri kita, dan pada akhirnya memengaruhi apa yang akan kita capai di masa depan.

Tujuan Akhir Hidup Denny Sumargo Bikin Haru

Salah satu cara membentuk pikiran yang positif tersebut, dimulai dengan memiliki mental yang berkualitas tinggi. Psikolog Dr. Yohana Ratrin Hestyanti, Psi. merangkum beberapa kunci memiliki mental berkualitas tinggi menurut sejumlah penelitian.

Kunci memiliki mental berkualitas tinggi itu di antaranya adalah memiliki tujuan hidup, terbuka untuk belajar atau terus menjadi pembelajar hingga usia berapapun dan meskipun sudah mencapai level yang tertinggi.

11 Manfaat Pentingnya Berpikir Positif untuk Kesehatan

"Selanjutnya adalah membuka ruang spiritual. Banyak riset maupun cerita yang mengatakan bahwa ruang spiritual adalah bagian penting dalam koneksi kita dengan Tuhan. Bukan dalam konteks religiusitas, tapi bagaimana kita menyerahkan hidup kita pada Tuhan. Itu sangat membantu dalam detoks pikiran," kata Yohana saat seminar Mental Detoxification di Unika Atma Jaya, Jakarta, Rabu, 2 November 2016.

Kunci selanjutnya adalah, lanjut Yohana, bagaimana kita memilah dan memilih informasi dapat memberi makna positif dalam diri. Lalu, baca hal-hal yang baik dan berikan aktivitas atau hal yang kita lakukan sepenuh cinta. Karena, rasa cinta akan membuat tenang.

Gambar Pertama yang Dilihat, Ungkap Seberapa Baik Pikiranmu

Dan, yang terakhir adalah menghormati orang lain. Siapa pun dengan pengalaman hidupnya masing-masing perlu kita hargai dan hal itu akan memantul pada diri kita.

Sementara itu, senada dengan Yohana, Independent Trainer Rum Martani mengatakan pentingnya tujuan dalam hidup.

Memiliki tujuan akan membuat otak kita mengarah pada tujuan itu dan membuat kita memiliki tindakan baik dan positif untuk menuju ke sana.

Tujuan hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya