Salah Sikat Bisa Bikin Gigi Sensitif

Gigi
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA.co.id – Cara menyikat gigi yang tidak tepat ternyata bisa mengakibatkan masalah gigi, salah satunya adalah gigi sensitif. Hal ini disebabkan gosokan sikat pada gigi membuat poti-pori di permukaan gigi semakin melebar sehingga membuat gigi menjadi sensitif.

Cara Jaga Kesehatan Gigi agar Tingkatkan Rasa Percaya Diri

"Karena (cara) menggosok gigi salah, sehingga area yang tertutup gusi yang berwarna merah, menurun atau terbuka. Yang harusnya tertutup jadi terbuka sehingga (kadar) sensitifnya meningkat karena terekspos," jelas drg. Udijanto Tedjosasongko, Sp.KGA(K).

Kesalahan menyikat gigi yang paling sering dilakukan adalah menyikat gigi dengan gerakan maju mundur dan tekanan yang sangat kencang. Akibatnya, kata Udi, bagian leher gigi yaitu yang berada dekat dengan gusi, terdapat tatahan atau terkikis. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang sering mengganti sikat giginya karena sikatnya yang mekar.

Bangun Tidur Jangan Langsung Sikat Gigi, sampai Gejala COVID-19


"Kalau sudah terkikis, sudah terbuka, solusinya adalah diberi lapisan fluoride. Memang ada pasta gigi yang mengatakan bisa mengatasi gigi sensitif, tapi itu hanya kondisi temporer saja. Tidak bisa lenyap," imbuh Udi.

Menyikat Gigi

dr. Zaidul Akbar: Bangun Tidur Jangan Sikat Gigi, Lakukan Ini Dulu
Anak menyikat gigi

Banyak Tak Disadari, Ini 5 Keuntungan Merawat Gigi Anak-anak

Merawat gigi anak dengan rutin, termasuk menyikat gigi dan berkunjung ke dokter gigi secara teratur, membantu mencegah timbulnya penyakit gigi dan mulut seperti karies.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2023