Lima Hal Ini Sebaiknya Tak Diucapkan pada Anak Saat Makan

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Apa yang Anda ucapkan pada anak saat makan sama penting dengan apa yang Anda sajikan. Pesan yang Anda berikan pada anak tentang waktu makan atau makan bisa memiliki dampak yang kuat bagi mereka.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Oleh karena itu,  perlu memperhatikan ucapan saat sedang menikmati santapan. Berikut lima kalimat yang sebaiknya tidak Anda ucapkan saat makan bersama si kecil dilansir laman Parents.

1. Kalau kamu makan nanti dikasih hadiah

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

Tak ada satu makanan pun yang seharusnya Anda jadikan sebagai reward untuk si kecil. Tak hanya membuat satu makanan menjadi istimewa, namun pernyataan tersebut menyiratkan pesan bahwa si kecil harus mengonsumsi makanan 'tidak enak'  sebelum mendapatkan makanan 'enak'.

Makanan 'enak' tersebut seharusnya diberikan tanpa melihat berapa banyak makanan 'tidak enak' yang mereka habiskan. Jika anak Anda lebih menyukai makanan pencuci mulut ketimbang makanan utama, sebaiknya batasi konsumsinya.

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Punya 46 Anak Asuh: Qadarallah Belum Dikasih Keturunan

2. Kamu pilih-pilih banget makannya

Memberikan label apapun pada anak tidak akan mengubah kebiasaan makan mereka. Perkataan ini bisa menjadi sugesti pada mereka bahwa dia adalah anak yang suka memilih-milih makanan.

3. Ayo, tiga suap lagi..

Anda pasti ingin memastikan bahwa kebutuhan makan anak terpenuhi. Namun, mendikte berapa suap yang harus mereka habiskan tidak akan membantu. Kebiasaan ini akan membuat mereka merasa terpaksa menghabiskan makanan. Mereka tidak belajar bagaimana makanan di saat lapar dan berhenti di kala kenyang.

4. Kamu enggak bakal suka

Jika Anda tahu bahwa sang anak tidak menyukai suatu makanan, maka jangan patahkan semangat mereka untuk mencoba makanan tersebut. Dengan kebiasaan ini, jangan salahkan anak jika mereka cenderung pilih-pilih makanan.

5. Kamu harus coba

Tidak semua anak mau disuruh untuk mencoba makanan baru meski satu gigitan saja. Kebiasaan ini akan membuat mood makan mereka menjadi terganggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya