Keluarga, Sumber Utama Anak Gemar Membaca

Najwa Sihab
Sumber :
  • Diza Liane Sahputri/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tidak bisa dimungkiri, keluarga memiliki peran penting yang mendasar dalam proses pembelajaran anak. Salah satu yang terpenting yaitu kegiatan untuk menumbuhkan minat membaca.

Ajang Edukasi Anak Muda, IDT Bidik Peluang Baru Era Digital

Meningkatkan minat baca pada anak, memang sudah seharusnya dimulai sejak usia pendidikan dasar. Sehingga, peran orangtua menjadi sangat penting saat anak menjalani momen tersebut.

"Saya memang diajarkan keluarga untuk mencintai buku sejak kecil. Karena ada perpustakaan kecil di rumah, jadi membuat saya suka baca buku," ujar presenter Najwa Shihab, di Konferensi Anak Indonesia 2016, di kawasan Pejaten, Selasa, 8 November 2016.

Seru! Belajar Garap Startup Dimentori Menteri Nadiem & Najwa Shihab

Terlebih, Najwa yakin, dengan menyebarkan minat membaca di lingkungan keluarga, maka dapat menumbuhkan kegemaran membaca pada anak. Sehingga, ia menganjurkan, agar para orangtua bisa mengajarkan anak untuk mau membaca setiap harinya.

"Minimal baca tiap hari minimal enam menit saja bikin enggak gampang stres. Denyut jantung teratur, lebih tenang. Jadi hanya enam menit sehari bisa bikin kita lebih bahagia," tambah Najwa.

Kakak Ipar Najwa Shihab Diangkat Jadi Komisaris di Pertamina

Untuk itu, kata dia, orangtua direkomendasikan untuk mau saling berbagi dengan para orangtua lainnya. Dengan begitu, kisah sukses dari orangtua lain dalam menumbuhkan minat membaca pada anak, dapat menjadi pembelajaran dalam mendidik anak untuk gemar membaca secara tepat.

"Saya percaya sumber pertama memulai anak suka baca adalah orangtua dan keluarga. Best practice itu harus terus kita cari karena itu pengalaman riil yang bisa disebarkan. Ciptakan lebih banyak anak lagi untuk mencintai buku," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya