Najwa: Anak Indonesia Kenali Jati Diri Lewat Bahasa Daerah

Najwa Sihab
Sumber :
  • Diza Liane Sahputri/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Presenter Tanah Air, Najwa Shihab, mengajak anak-anak Indonesia untuk mulai mengenal bahasa daerah. Sebab, Indonesia memiliki beragam bahasa yang sebenarnya mampu menjadi jati diri di hadapan dunia luas.

Uwa and Friends Coba Kembalikan Masa Keemasan Lagu Anak

Salah satunya dengan melatih diri membaca buku yang berbasis bahasa daerah. Dari situ, Najwa yakin, akan menumbuhkan rasa simpati bagi anak-anak yang memahami berbagai bahasa daerah.

"Bacaan berbahasa daerah mengolah rasa, melatih lidah, melatih empati. Mulai dari hal simpel bahasa daerah. Kalau tahu kulturnya akan lebih melatih kita memahami perbedaan," ujar Najwa di Konferensi Anak Indonesia 2016, di kawasan Pejaten, Jakarta, Selasa 8 November 2016.

Ajang Edukasi Anak Muda, IDT Bidik Peluang Baru Era Digital

Menurut Najwa, bahasa daerah harus memiliki tempat tersendiri bagi setiap anak Indonesia. Karena, keberagaman suku dan daerah di Tanah Air, membuat anak-anak mampu menumbuhkan rasa toleransi sejak dini.

"Karena negeri kita punya ribuan suku, dikaruniai perbedaan dan keberagaman untuk toleransi. Sehingga kenal jati diri akan bisa memahami jati diri orang lain juga," tambahnya.

Seru! Belajar Garap Startup Dimentori Menteri Nadiem & Najwa Shihab

Ditambahkannya, jika memang masih sangat sedikit fasilitas bacaan berbahasa daerah, masyarakat harus memiliki inisiatif sendiri untuk membuatnya. Dengan begitu, perkembangan bahasa daerah akan semakin meluas.

"Sekarang waktunya empowerment diri sendiri. Kalau pemerintah tidak kasih, kita buat sendiri. Kalau tidak ada, kita usahakan sendiri," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya