Makanan Ini Tetap Aman Dikonsumsi Meski Kedaluwarsa

Ilustrasi makanan kaleng
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menjaga keamanan dan kesehatan makanan untuk Anda dan keluarga memang penting. Tapi, tidak semua makanan di lemari es Anda harus dibuang ketika sudah melewati masa kedaluwarsanya.

Punya Penyakit Ginjal? Ini 7 Makanan yang Wajib Dihindari Sebelum Makin Parah

Anda mungkin tidak menyadari bahwa beberapa jenis makanan dan minuman tetap aman dikonsumsi meski sudah kedaluwarsa. Berikut adalah daftarnya seperti dilansir The Sun.

Keripik

Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Makanan Kaleng, Anda Perlu Tahu!

Lapisan asin pada keripik kentang akan membuatnya tahan lama. Meski demikian, sebaiknya keripik kentang ini dikonsumsi tiga minggu setelah kedaluwarsa.

Makanan kaleng

Penelitian Bahaya BPA di AS Ditemukan pada Kemasan Kaleng, Pakar Desak BPOM Lakukan Uji

Beberapa jenis makanan kaleng seperti kacang-kacangan, tomat, atau jagung manis, makanan kaleng akan tetap awet selama bertahun-tahun. Kuncinya sederhana, simpanlah di dalam suhu dingin dan gelap.

Daging

Daging yang sudah lewat masa kedaluwarsanya ternyata masih bisa Anda makan. Tapi, tetap periksa perubahan warna dan baunya sebelum Anda memakannya karena daging yang sudah sangat basi akan membuat Anda sakit serius. Meski begitu, hal ini tidak berlaku pada daging olahan di mana Anda harus mematuhi label yang menempel pada produknya.

Daun-daunan salad

Sebungkus salad bisa cepat rusak karena layu dan berlendir. Tapi, Anda bisa menyegarkan daun-daunnya lagi dengan mencelupkannya di air es. Pastikan tidak ada jamur di sana.

Telur

Telur dapat disimpan selama tiga minggu tanpa tercemar salmonella, tapi harus disimpan dalam suhu di bawah lima derajat.

Keju

Keju jenis cheddar dan parmesan aman dikonsumsi meski sudah kedaluwarsa dan dapat bertahan hingga enam minggu setelahnya.

Susu

Saat susu sudah menjadi asam, bukan berarti sudah tidak aman. Beberapa tukang roti bahkan menggunakan susu asam untuk membuat scone dan pancake untuk menambah rasa. Tapi jangan pernah minum susu yang sudah berbuih.

Cokelat

Bercak putih kasar pada cokelat yang kedaluwarsa muncul akibat kristalisasi lemak dan gula, dan itu tidak berbahaya bagi Anda.

Pasta

Pasta kering tidak akan pernah basi. Simpanlah pasta Anda dalam wadah kedap udara sehingga tidak menjadi lembap.

Biskuit

Biskuit tetap aman dimakan meski sudah dua bulan lewat masa kedaluwarsanya dan Anda bisa memanaskannya lagi di oven untuk membuatnya garing lagi.

Madu dan selai

Kandungan gula yang tinggi dalam produk ini membuatnya awet dan tahan sangat lama dari masa kedaluwarsanya.

llustrasi makanan kaleng

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya