Lima Bahan Dapur yang Ampuh Cegah Flu

Lemon dan jahe.
Sumber :
  • Pixabay/Leon_Ting

VIVA.co.id – Cuaca yang tidak menentu, dan telah memasuki musim hujan, membuat sebagian besar sistem imun tubuh menurun. Hal tersebut, membuat tubuh mudah terserang flu dan demam.

Kenaikan Kasus di Musim Pancaroba, Bagaimana Jika Sakit Flu dan COVID-19 Bersamaan?

Untungnya, sistem imun tubuh Anda mampu terjaga dengan beberapa makanan yang bergizi dan sehat. Berikut beberapa makanan untuk mencegah serangan penyakit, dikutip dari laman Prevention.

1. Vitamin C

Mau Bahan Dapur Tetap Segar Tanpa Masuk Kulkas? Ini 4 Triknya

Vitamin C, yang sering ditemui pada buah citrus, memberikan zat antioksidan yang mampu menangkal gejala demam sebanyak 23 persen. Selain buah citrus, kandungan vitamin C dapat ditemukan di brokoli, pepaya, kentang manis serta tomat.

2. Bawang putih dan bombay

Bahan Dapur Ini Bisa Hilangkan Kerak di Kompor

Selain memberi rasa gurih untuk makanan, kedua bahan makanan ini mengandung zat antiseptik dan penambah imun. Sehingga, pilihan bawang putih dan bombay, baik untuk dikonsumsi guna menangkal virus.

3. Jahe

Jahe mengandung bahan kimia yang disebut sesquiterpenes, di mana dapat menyerang rhinovirus yang memicu timbulnya demam serta batuk. Selain itu, jahe menjadi pilihan untuk mengurangi rasa sakit secara alami, sehingga membuat Anda rileks.

4.  Jamur

Jamur dipercaya dapat menjadi ramuan obat herbal yang ampuh. Sebab, ia mampu meningkatkan produksi sitokin, yaitu sel yang mampu menyerang infeksi pada tubuh.

Selain itu, jamur mengandung polisakarida, yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Terlebih, menurut kepercayaan medis tradisional China, beberapa jenis jamur ampuh menyembuhkan demam dan flu, seperti jamur shitake dan maitake.

5. Lada hitam

Rasanya yang pedas serta kecenderungannya dalam memicu bersin, membuat lada hitam diremehkan. Padahal, campuran lada hitam dengan jahe dan vinegar mampu meningkatkan penyerapan obat herbal dan medis yang dikonsumsi tubuh. Ia juga memiliki kandungan tinggi piperin, di mana berfungsi sebagai anti demam dan pereda nyeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya