Studi: Aktivitas Kreatif Tingkatkan Kesehatan Mental

Ilustrasi merajut
Sumber :
  • Pixabay/Foundry Co

VIVA.co.id – Merajut, kini tidak lagi menjadi kegiatan orangtua untuk mengisi waktu luang. Kegiatan ini juga sudah mulai digemari generasi muda milenial, yang banyak memamerkan karyanya lewat foto di media sosial.

Fix Putus, Nikita Mirzani Ngaku Alami Kekerasan Mental dan Fisik dari Rizky Irmansyah

Tak hanya merajut, keterampilan menciptakan kerajinan seperti membuat selai, melukis, dan lainnya juga mulai menjadi tren. Apalagi, setelah sebuah penelitian menyatakan bahwa melakukan salah satu hobi ini juga dapat memperbaiki kesehatan mental.

Dikutip dari Independent, penelitian yang dilakukan terhadap 658 siswa ini menemukan bahwa setelah terlibat dalam kegiatan membuat kerajinan tangan, mereka tidak hanya merasa lebih bahagia dan tenang di hari berikutnya, tetapi juga lebih berenergi.

Idap Gangguan Identitas Integritas Tubuh, Pria Ini Minta Dokter Potong 2 Jarinya yang Sehat

Merajut dan membuat kue memang sudah lama diketahui memiliki manfaat therapeutic. Tetapi, selain itu, para peneliti juga memasukkan membuat selai, memasak, bermusik, melukis, menggambar, membuat sketsa, dan desain digital, serta menulis kreatif ke dalam daftar aktivitas bermanfaat mereka.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Otago University, Selandia Baru ini, tentunya menjadi kabar gembira bagi wanita yang sebagian besar menyukai kegiatan tersebut. Selain itu, aktivitas kreatif ternyata juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Biar Gak Semakin Hancur, Pakar Kesehatan Mental Sarankan Ini pada Sandra Dewi

"Melakukan aktivitas kreatif dapat meningkatkan kebugaran di hari berikutnya, dan meningkatnya kebugaran ini kemungkinan juga berfungsi memudahkan aktivitas kreatif di hari yang sama," kata peneliti utama Dr Tamlin Connor.

Rizky Irmansyah

Dituding Nikita Mirzani Lakukan Kekerasan, Rizky Irmansyah Batasi Komentar Instagram

Nikita Mirzani mengaku mengalami kekerasan mental dan fisik dari Rizky Irmansyah. Nikita Mirzani merasa ini sudah waktunya ia mengungkapkan tabiat asli sang mantan.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024