Metode Sunat Modern dengan Teknik Jepit

Ilustrasi.
Sumber :
  • pixabay/ jakobing85

VIVA.co.id – Meski sudah ada sejak lama, proses sunat sering kali membuat trauma. Ternyata, di zaman modern ini, sunat bisa dilakukan dengan cepat dan nyaman, dengan tehnik clamp.

PPKM di Sumut, Polisi Bubarkan Resepsi Pernikahan hingga Acara Sunatan

Biasanya metode sunat konvensioal masih identik dengan gunting dan pisau, sehingga membuat anak lelaki kesulitan beraktivitas.

"Metode konvensional itu lama sembuhnya, ditambah karena harus dijahit, jadi tidak boleh kena air. Jadi biasanya anak-anak jangan mandi dulu atau tidak beraktivitas banyak takut keringetan," ujar spesialis bedah, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, di kawasan Tebet, Jakarta, Selasa 13 Desember 2016.

Polisi Periksa 3 Orang dan Panggil Rhoma Irama Terkait Hajatan

Terlebih, WHO tidak menyarankan metode itu lagi karena diyakini memicu infeksi silang akibat pemakaian alat pemotongan bekas. Maka, metode clamp yang bersifat seperti penjepit, diyakini mampu membuat proses sunat terasa lebih nyaman.

"Prinsip clamp itu seperti penjepit pada tali pusar bayi, jadi membuat jaringannya mati rasa dan akhirnya terlepas dengan sendiri," lanjutnya.

Gugus Tugas Panggil Penyelenggara Sunatan yang Undang Rhoma Irama

Selain itu, metode clamp yang lebih modern, memiliki ukuran yang telah disesuaikan dengan usia para anak lelaki sehingga, akan mempercepat prosesnya. Metode modern ini hanya dijalankan selama lima menit serta rasa sakit yang minimal.

"Hasilnya jauh lebih baik karena sesuai dengan ukuran anak-anak. Cepat karena hanya memakan waktu lima menit dan harganya terjangkau sekitar Rp1,4 juta," tuturnya.

Bayi pemempuan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya