Wanita, Ini Pentingnya Latihan Bela Diri

Seni bela diri untuk kesehatan
Sumber :
  • VIVA/Beno Junianto

VIVA.co.id – Tingkat kejahatan dan sejumlah kasus pelecehan seksual terhadap kaum wanita semakin meningkat. Maka kaum hawa dianjurkan memiliki pertahanan alias seni ilmu bela diri untuk antisipasi tindak kejahatan. Tidak hanya itu, berlatih ilmu bela diri juga berguna menjaga kebugaran tubuh.

Mau Belajar Bela Diri Israel, Anya Dwinov Diinterview Dulu

Ratih Harsoning Soemoprawiro, sebagai pengurus Bidang Usaha dan Hubungan Antara Daerah Tarung Derajat, merasa sudah saatnya wanita, baik ibu-ibu atau remaja, memiliki seni ilmu bela diri untuk bertahan dari serangan kejahatan.

"Ini dianjurkan ya, karena memang tindak kejahatan saat ini makin banyak," ujar Ratih kepada VIVA.co.id ditemui di Pelantikan Pengurus Tarung Derajat DKI Jakarta, Jumat 16 Desember 2016.

Kejuaraan Dunia Wushu Berakhir, Indonesia Raih 2 Emas

Ratih juga mengatakan bahwa tidak ada ruginya jika wanita menyisihkan waktunya untuk bela diri. Selain untuk bertahan diri, bela diri seperti Tarung Derajat juga bisa untuk kesehatan.

"Kita bisa bilang di Tarung Derajat sebagai bentuk olahraga. Yang pasti untuk kesehatan juga. Tidak ada ruginya kok, apalagi ini untuk modal atau bekal sendiri," ucap Ratih.

Cantik Berbahaya, Wanita-wanita Ninja Iran Curi Perhatian

Sementara itu, Ketua Umum Tarung Derajat Provinsi DKI Jakarta, Gindarno Danandono mengatakan keprihatinan dengan munculnya tindak kejahatan yang sangat merugikan kaum hawa. Gindarno pun menganjurkan remaja putri dan ibu-ibu bisa mengikuti seni bela diri yang sesuai kemampuan dirinya.

"Daya tariknya di sini (Tarung Derajat) olahraga ya. Tarung Derajat sendiri adalah seni bela diri asli dari Indonesia, harusnya kita bangga," ucap Gindarno.

Ratih, berbagi tips bela diri untuk wanita

Ratih berbagi tips bela diri untuk wanita

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya