Memilih Asupan Nutrisi yang Tepat untuk Lansia

Bahagia di hari tua.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Vitamin dan suplemen dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahan. Tapi, seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan kedua hal tersebut juga berubah.

Suplemen Jepang Diduga Picu Masalah Ginjal dan Kematian, Telah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Dengan perubahan usia, ternyata membuat kebutuhan akan vitamin dan mineral juga berubah. Berikut beberapa fakta terkait perubahan kebutuhan nutrisi dan vitamin seiring bertambahnya usia. Seperti dikutip dari laman Prevention.

1. Kalsium dan vitamin D

Suplemen Penurun Kolesterol Jepang Diduga Picu Gagal Ginjal, Sudah Beredarkah di Indonesia?

Penurunan hormon di tubuh saat usia semakin tua, membuat risiko osteoporosis meningkat. Untuk itu, disarankan meningkatkan asupan kalsium, khususnya kaum hawa, sebanyak 1.000 hingga 1.500 mg per hari.

Selain itu, asupan vitamin D patut ditambah. Hal ini penting agar kebutuhan kalsium untuk tulang, mampu diserap dengan baik dengan bantuan vitamin D. Dan hal penting juga untuk tetap aktif bergerak dan berolahraga agar menjaga otot dan tulang tetap kuat.

5 Tewas dan Lainnya Dilaporkan Gagal Ginjal Diduga Usai Konsumsi Suplemen Buatan Perusahaan Jepang

2. Protein

Seringkali, usia yang semakin lanjut, membuat nafsu makan menurun drastis. Padahal, asupan protein sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kekuatan otot dan tulang. Karena itu, konsumsi protein sangat penting dilakukan di usia senja.

3. Risiko suplemen

Banyak orang yang mengonsumsi suplemen tanpa adanya resep dari dokter. Padahal, itu bisa berbahaya karena suplemen bisa saja berinteraksi dengan obat-obatan medis yang juga Anda konsumsi. Beberapa efek serius mencakup kerusakan hati dan ginjal, masalah jantung, dan rambut rontok. Bahkan, beberapa suplemen lain, bisa memberikan dampak yang lebih serius.

4. Kurangi multivitamin

Jika asupan makanan Anda sudah mengandung banyak nutrisi baik dari sayur dan buah, tubuh tidak lagi membutuhkan multivitamin. Apalagi, kebanyakan multivitamin mengandung zat besi, yang bereaksi kurang baik dengan kalsium yang Anda konsumsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya