Lima Manfaat Kesehatan Tersembunyi Kacang Chickpea Hitam

Ilustrasi hummus, makanan yang terbuat dari kacang chickpea
Sumber :
  • Pixabay/Ajale

VIVA.co.id – Pernahkah Anda mendengar kacang chickpea hitam? Jika belum, sebaiknya bacalah artikel ini dan tambahkan ke dalam daftar menu dalam makanan Anda sehari-hari.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Chickpea hitam sangat mirip dengan chickpea kuning yang lebih umum dikenal. Chickpea hitam sarat dengan nutrisi seperti zat besi, protein, tembaga dan vitamin, yang semuanya baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

Dr Taranjeet Kaur, pelatih keseimbangan metabolisme dan ahli gizi senior di AktivOrtho, New Delhi juga mengatakan bahwa buncis hitam merupakan sumber serat yang membantu mengatur tingkat gula darah, mengurangi berat badan dan membantu menghindari pembentukan asam di dalam tubuh.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Seperti dilansir dari Indian Express, berikut manfaat dari kacang chickpea hitam yang tidak banyak diketahui.

Mencegah kanker

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Saponin, phytochemical yang terkandung di dalam buncis hitam, mencegah sel-sel kanker bertambah banyak dan menyebar ke seluruh tubuh. Sedangkan selenium, mineral yang tidak terkandung di dalam buah-buahan dan sayuran, ditemukan dalam makanan pembangkit tenaga ini.

Sebagai informasi, selenium memegang peranan penting dalam detoksifikasi senyawa penyebab kanker dalam tubuh.

Menguatkan tulang

Selain menjadi sumber yang baik dari fosfat, zat besi, magnesium, mangan dan zinc, chickpea hitam juga tinggi kalsium dan vitamin K, yang ampuh menjaga kesehatan tulang.

Menyehatkan jantung

Chickpea hitam juga kaya akan antioksidan, mengandung sejumlah kandungan yang sangat baik dari serat dan vitamin C, yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dan dengan demikian, menjaga jantung Anda tetap sehat.

Perkembangan otak

Kolin, zat yang ditemukan terkandung di dalam makanan ini membantu dalam mengembangkan otak Anda. Sekitar 50 gram kolin dapat membantu mempertajam pikiran.

Menyehatkan rambut

Chickpea hitam mengandung kadar zinc dan protein yang cukup tinggi. Keduanya dapat menghentikan rambut rontok dan memperlambat proses rambut beruban.

Ilustrasi kacang chickpea

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya