Lima Cara Efektif Agar Mudah Tidur

Seorang laki-laki sedang tidur pulas.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah penelitian menyebutkan bahwa hampir setengah dari orang dewasa Amerika berusia 60 tahun ke atas menderita insomnia.

Tips Pilih Bantal Sesuai Posisi Tidur Favorit Supaya Nyenyak

Banyak faktor yang menyebabkan sulit tidur. Beberapa diantaranya adalah kondisi medis dan obat-obatan, faktor lain menyebutkan bahwa kecemasan dan stres adalah salah satu pemicunya.

Banyak cara dilakukan agar seseorang bisa cepat tidur, namun beberapa cara berikut ini bisa menjadi solusi untuk membantu Anda cepat tidur, seperti dilansir en.cibada.com.

Tetangga Berisik Tingkatkan Risiko Gangguan Mental

1.Bernapas atau menghirup menggunakan lubang hidung sebelah kiri

Metode yoga ini bekerja secara efektif dalam mengurangi tekanan darah sehingga mampu menenangkan. Hal yang harus  dilakukan adalah berbaring di sisi kiri Anda, kemudian tempatkan jari di lubang hidung sebelah kanan untuk menutupnya kemudian bernapas dalam-dalam melalui hidung sebelah kiri Anda.

Wow, Kini Kadar Stres Bisa Dideteksi Lewat Air Liur

2. Keinginan tetap terjaga

Berpikir untuk tetap terjaga justru akan membuat Anda semakin mengantuk. Hal ini disebut paradoks tidur, kecenderungan pikiran  memberontak ketika Anda mencoba untuk memaksa diri untuk tetap bangun.  Menurut psikoterapis Julie Hirst, ketika Anda mencoba untuk menjaga mata Anda terbuka dan mengatakan kepada diri sendiri untuk tidak tidur, otak Anda akan  menafsirkan ini sebagai instruksi untuk tidur, bahkan dengan sangat lelap.

3.Mengingat detail aktivitas harian

Metode mengingat rincian apa yang terjadi sepanjang hari Anda, dapat membantu membersihkan pikiran Anda dari kekhawatiran, sehingga membantu Anda untuk tidur.

4.Gunakan bantal agar lebih santai

Mengingat bahwa bantal yang digunakan untuk membuat Anda merasa lebih nyaman di tempat tidur, ada cara lan menggunakan bantal untuk membantu Anda tertidur lebih cepat. Selain mengangkat kepala Anda, gunakan bantal untuk bagian lain dari tubuh Anda seperti di antara kaki, atau ketika berbaring di sisi Anda. Ini membantu menarik stres pada tulang belakang dan pinggul.

5.Gunakan akupresure

Hal ini agak mirip dengan akupunktur Cina hanya saja itu tidak menggunakan jarum. Hal yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pijatan pada bagian tubuh tertentu yang membuat tidur bila disentuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya