Pola Makan Siang Sehat, Agar Tak Cepat Merasa Lapar

Menu Makan Sehat
Sumber :
  • pixabay/takazart

VIVA.co.id – Makan siang menjadi sumber tenaga yang pasti dibutuhkan banyak orang. Namun, ada kalanya, makan siang terasa berlebihan dan malah membuat pola makan menjadi tidak baik.

Usai Temui PM dan Menhan China, Prabowo Tinjau Program Makan Siang di Sekolah Beijing

Boleh makan banyak waktu makan siang, bukan berarti tidak memikirkan porsi dalam piring untuk dikonsumsi. Berikut rekomendasi ahli gizi untuk makan siang sehat, dikutip dari laman Prevention.

1. Jangan biarkan perut merasa lapar

Sebelum Pengumuman Kanker, Kate Middleton Sempat Bertemu dengan Raja Charles

Jika Anda berencana makan di luar, sebaiknya segera memesan makanan satu jam sebelumnya. Hal ini untuk menghindari puncak rasa lapar di siang hari.

Menurut sebuah studi, orang yang memesan makanannya 45 menit sebelum jam makan siang, mengonsumsi 145 kalori lebih rendah dari mereka yang memesan saat perut sudah kelaparan.

Hipmi Yakin Pelaku UMKM Ikut Dapat Berkah dari Program Makan Siang Gratis

2. Cemilan sehat

Seringkali di sore hari, perut sudah terasa lapar kembali. Hal itu menyebabkan banyak orang memilih porsi makan siang yang banyak agar menjaga energi hingga malam hari.

Namun, itu malah membuat kalori semakin bertambah. Triknya, makan siang secukupnya dan sediakan camilan sehat saat perut terasa lapar di sore hari.

3. Sayur menjadi prioritas

Selalu tempatkan sayur menjadi prioritas di piring makan siang Anda. Usahakan sayuran Anda mengambil hampir setengah tempat dari piring.

4. Tidak melulu salad

Makan sehat bukan berarti hanya konsumsi sayur tanpa tambahan lainnya. Tubuh masih membutuhkan energi lain dari sumber makanan serta menghindari kejenuhan akan konsumsi salad terus menerus. Paduan protein seperti ayam, tomat, kacang panjang ditambah nasi merah, akan sangat membantu menambah nafsu makan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya