Mengapa Wanita Rentan Derita Osteoporosis

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Penyakit Osteoporosis atau pengeroposan tulang bisa menyerang siapa saja. Namun, penyakit ini sangat rentan diderita oleh kaum hawa. Mengapa?

5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Minum Kopi, dari Gangguan Lambung hingga Osteoporosis

Ya, wanita memiliki resiko lebih besar daripada laki-laki diakibatkan kepadatan masa tulang seorang wanita lebih rendah dibandingkan laki-laki.  

"Wanita mengalami penurunan produksi hormon estrogen setelah menopause. Hal ini berakibat menurunnya massa tulang pada wanita," terang dr Jezy dari MeetDoctor.

Santai Belum Menikah, Tika Panggabean Sebut Hidupnya Tak Semata-Mata Harus Punya Suami

Lalu, dapatkah seseorang mengetahui apakah ia menderita osteoporosis atau memiliki kecenderungan untuk itu?

"Bisa, dengan deteksi dini melalui pengukuran kepadatan massa tulang (bone mass density) dengan alat yang disebut densitometer. Pemeriksaan secara dini ini untuk mengetahui apakah kita sudah terkena osteoporosis atau belum," katanya.

Osteoporosis, Ancaman Wanita Pasca Menopause

Dan perlu diketahui, Osteoporosis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan penurunan ketebalan atau massa tulang yang dapat dicegah sejak dini dengan memperhatikan gaya hidup. Asupan makanan sumber kalsium dan olahraga diperlukan untuk membentuk tulang yang kuat. (hd)

Ilustrasi seks/bercinta.

10 Tips Memacu Gairah Seks untuk Istri yang Menopause

Banyak mitos terus bergulir, di antaranya rasa sakit karena kondisi organ intim berubah. Akibatnya, tak sedikit dari istri yang sudah menopause enggan bercinta

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024