Olahraga Sederhana Bagi yang Malas Bergerak

ilustrasi orangtua dan anak olahraga.
Sumber :
  • pixabay/ skezee

VIVA.co.id – Sejumlah ilmuwan mengatakan, olahraga ringan pun punya efek baik yang sama seperti olahraga berat untuk kesehatan maupun menurunkan berat badan.

Semarak PON XX Papua, Ini 5 Rekomendasi Olahraga Ringan di Rumah

Berikut ini, ahli kebugaran Lucy Wyndham-Read mengungkapkan sejumlah tips bagi mereka yang malas berolahraga seperti dilansir The Sun.

Sofa

Lakukan 5 Olahraga Ini agar Tetap Sehat Selama Ramadan

Anda bisa membentuk bokong dan paha, bahkan tanpa perlu meninggalkan sofa nyaman Anda. Caranya hanya semudah dengan menaruh cushion di antara kaki Anda dan tekan bersamaan.

Kantor

Malas Gerak Lebih Bahaya Dibanding Merokok

Apakah pekerjaan Anda membuat Anda duduk seharian? Maka, gerakan kaki Anda ke atas dan bawah. Gerakan ini bisa membantu membakar beberapa kalori.

Halte bus

Saat menunggu bus, tarik perut Anda ke dalam dan tahan selama 10 detik. Lakukan berulang hingga bus datang. Gerakan ini akan membuat perut lebih kencang. Lakukan setiap hari dan Anda pun bisa mendapatkan perut yang rata.

Menyeduh kopi

Latih lengan atas Anda saat bersantai sambil menyeduh kopi di dapur. Saat menunggu air dididihkan, rentangkan kedua kaki ke belakang lalu letakkan tangan pada permukaan meja. Jaga punggung Anda dalam posisi lurus dan turunkan tubuh Anda seperti melakukan push up.

Mengantre

Saat mengantre di loket bus, atau kafe langganan, berdirilah di atas satu kaki untuk meningkatkan kekuatan dan mengencangkan kaki, sekaligus otot bokong Anda. Jangan lupa untuk melakukannya pada kaki lain.

Membuang sampah

Membuang sampah menjadi waktu yang baik untuk membentuk lengan dan bahu. Angkat dan turunkan kantung sampah beberapa kali sebelum menaruhnya ke tempat sampah.

Naik tangga

Ambil dua anak tangga sekaligus saat menaiki tangga. Gerakan ini akan membuat bokong Anda lebih kencang dan membentuk kaki Anda. Lakukan selama beberapa kali di rumah.

Kamar mandi

Anda bisa menyikat gigi sambil membentuk bokong Anda sekaligus. Berpeganganlah pada wastafel dengan satu tangan dan dorong kaki ke belakang. Lakukan dorongan beberapa kali dan tahan selama satu menit. Lakukan gerakan sama untuk kaki lainnya.

Berbelanja

Jangan gunakan troli yang Anda dorong berkeliling supermarket, tetapi gunakanlah dua keranjang belanja untuk latihan lengan Anda.

Peron kereta

Jangan berdiri diam saat menunggu kereta, tetapi berjalanlah mondar-mandir. Ini akan membakar energi dan sekaligus menghabiskan waktu menunggu. Saat naik ke kereta, jangan duduk. Berdiri juga dapat membakar kalori. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya