Bahaya Dengarkan Musik Pakai Earphone

Mendengarkan musik lewat earphone.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Hampir di semua lokasi Anda pasti melihat banyak orang mengenakan earphone untuk mendengarkan musik. Penggunaan earphone rasanya sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari bahkan tak sedikit yang mendengarkan musik melalui earphone hingga tertidur.

Dampak Buruk Pakai Headphone Terlalu Lama, Begini Aturan yang Benar

Meski menghibur, tapi terlalu sering menggunakan earphone bahkan dengan volume suara yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan pendengaran. Dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr. Harim Priyono, Sp.THT-KL(K) menjelaskan, gangguan pendengaran karena mendengarkan musik dengan earphone termasuk gangguan pendengaran akibat bising atau noise induce hearing loss.

Alat seperti itu akan memompakan energi suara yang sangat besar ke dalam sistem pendengaran dan, yang sangat disayangkan, ada yang menggunakan sambil tidur. Pada waktu tidur kita memang tidak mendengar lagi musiknya, tapi rumah siput masih menerima suara itu secara kontinu.

Pakai Headphone 1 Jam Bakteri Tumbuh 700 Kali Lipat di Telinga, Benarkah?

"Dia punya istilahnya kelelahan, bila itu terjadi akan ada kerusakan pada sensory neuron atau saraf dan itu tidak bisa diperbaiki. Jadi sangat tidak dianjurkan menggunakan earphone," ujar dr. Harim kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Itulah kenapa pada perangkat ponsel sering muncul peringatan jika volume yang kita gunakan terlalu tinggi. Karenanya, penggunaan earphone yang berlebih bisa menurunkan fungsi pendengaran yang tidak bisa diperbaiki kecuali dengan operasi implan koklea.

5 Produk Baru Edifier Ramaikan Pasar Earphone Indonesia

"Kalau kerusakannya bersifat saraf, sensory neuron, kerusakan pendengaran akan permanen. Tapi, bukan berarti tidak ada obatnya, obatnya dengan implan koklea," lanjut dr. Harim.

Ilustrasi headphone.

Jangan Bingung, Ini Bedanya Headphone-Earphone-Airpods dan Earbuds

Ketika berbicara tentang perangkat audio, terdapat berbagai jenis perangkat yang bisa digunakan, seperti headphone, earphone, airpods, dan earbuds. Apa sih perbedaannya?

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2023