Kemenkes Khawatir Vape Mengandung Narkoba

Rokok Elektrik di Perancis
Sumber :
  • REUTERS/Christian Hartmann

VIVA.co.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyatakan cairan vape positif mengandung nikotin. Namun, hingga kini, peredarannya masih belum dapat diawasi.

Dipenjara karena Narkoba, Chandrika Chika Ngaku Salah Pilih Teman

Meski positif mengandung nikotin, bukan berarti cairan vape hanya berisi itu saja. Sebab, isi dan kadarnya yang belum diawasi, membuat bahaya lain mengintai.

"Masalahnya kita enggak pernah tahu isinya karena tidak pernah tertulis. Padahal itu bisa ditambahkan dengan zat-zat lainnya. Saya ngeri bisa ditambahkan narkoba juga di dalamnya," ujar Direktur Penyakit Tidak Menular, Kemenkes RI, dr. Lily Sulistyowati, kepada VIVA.co.id.

Gak Percaya Anaknya Biasa Pakai Narkoba, Ibunda Chandrika Chika: Saya Tau Anak Saya Seperti Apa

Lily berujar, cairan vape mengandung narkoba, memiliki peluang besar. Selain itu, kadar isinya yang belum diketahui pasti, memungkinkan timbulnya bahaya di tubuh.

"Justru kita enggak tahu kadar tar dan nikotin di dalamnya itu seberapa banyak. Ekstraknya kan bisa saja dibikin pekat, atau tidak begitu pekat atau rendah," lanjutnya.

Mengerikan, Ini 9 Bahaya Vape Liquid Ganja yang Perlu Diketahui

Pengawasan akan cairan vape tersebut, dikatakannya, harus menjadi perhatian besar dari seluruh pihak. Terlebih, banyaknya opini akan rendahnya bahaya pada cairan vape, membuat penggunanya semakin meningkat.

"Yang dibesar-besarkan hanya neggak berbahayanya, itu yang nancep di anak-anak kita. Padahal kita belum ada pemberitahuan mengenai kadar dan isi cairan itu," kata dia.

Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan menangkap Selebgram Chandrika Chika dan 5 temannya di sebuah hotel di Setiabudi, Jakarta Selatan lantaran melakukan pesta narkoba jenis ganja.

Chandrika Chika Bakal Jalani Rehabilitasi di BNN Lido

Polres Metro Jakarta Selatan akhirnya mengajukan selebgram Chandrika Chika untuk melakukan rehabilitasi. Rencananya, Chika akan direhabilitasi di pusat BNN Lido.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024