Deteksi Masalah Kesehatan Lewat Kondisi Mata

Ilustrasi mata.
Sumber :
  • pixabay/Twnynina

VIVA.co.id – Mata menjadi cermin diri seseorang. Termasuk masalah kesehatan yang sedang dialami. Seperti halnya organ tubuh lain yang akan memberikan sinyal masalah kesehatan, mata juga melakukan hal yang sama.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

Berikut ini adalah daftar berbagai masalah kesehatan yang ditunjukkan lewat kondisi mata seperti dilansir Times of India.

Pandangan kabur atau dobel

Peduli Akan Kesehatan Mata Dengan Vitamin Mata Terbaik Eyebost

Jika Anda mengalami pandangan dobel atau pandangan Anda menjadi kabur, itu bisa menjadi indikator masalah stroke. Anda disarankan berkonsultasi dengan dokter segera.

Mata menonjol

Soal Layanan Kesehatan Mata, Menkes: Penglihatan Jadi Komponen Kunci Kualitas Hidup Masyarakat

Tonjolan di bagian mata atau ada sensasi seperti menonjol, menunjukkan adanya masalah tiroid yang bisa disebabkan oleh hipertiroid.

Lingkaran abu-abu di sekitar kornea

Adanya lingkaran abu-abu di pinggiran kornea seringkali dikaitkan dengan tingginya kolesterol dan trigliserida. Hal ini berpengaruh pada risiko orang tersebut terkena serangan jantung dan stroke. Anda harus segera melakukan cek darah jika menyadari ada tanda ini di mata.

Titik hitam

Jika Anda memiliki titik hitam atau garis bergelombang di mata, itu bisa menjadi gejala migrain. Jika tanda itu juga diiringi dengan sakit kepala yang sering, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

Pandangan mengabur

Menatap layar sepanjang hari membuat mata Anda stres. Pandangan yang menjadi kabur menjadi hal yang biasa terjadi pada orang yang sering bekerja di depan komputer setiap hari. Jika masalah seperti itu terjadi, mungkin saja itu mengindikasikan ada masalah sindrom pandangan kabur.

Mata kuning

Mata kuning bisa menjadi gejala penyakit kuning atau hemoglobin yang rendah. Mata kuning mengindikasikan bahwa liver Anda tidak berfungsi secara baik. Masalah ini biasa terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Selain itu, jika hemoglobin Anda rendah, mata Anda bisa tampak kekuningan.

Pandangan kabur pada penderita diabetes

Jika Anda penderita diabetes dan merasa pandangan Anda menjadi kabur, itu bisa mengindikasikan masalah mata yang serius, yaitu diabetes retinopati. Kondisi ini memengaruhi sistem sirkulasi di mata. Diabetes retinopati merupakan salah satu penyebab utama kebutaan.

Tembel

Tembel adalah hal yang biasa terjadi, tapi bisa menyakitkan dan menjengkelkan juga. Biasanya, tembel bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Tapi, jika tembel muncul terus menerus di tempat yang sama dan tidak hilang dalam 2-3 bulan, itu bisa menjadi tanda yang jarang terjadi adanya kanker yang disebut dengan karsinoma kelenjar sebaceous. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya