Clean Eating, Gaya Baru Usir Lemak Tubuh

Ilustrasi sayuran
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Dalam bahasa nutrisi, memang banyak istilah yang bisa membuat Anda bingung. Ditambah lagi dengan berbagai metode diet yang memakai nama yang sulit dipahami.

Diet Protein Tinggi, Solusi Turunkan Berat Badan dengan Kilat

Dan baru-baru ini, metode diet yang disebut dengan clean eating yang tengah menjadi tren. Secara singkat, dilansir Times of India, clean eating adalah lebih kepada gerakan, bukan lebih pada diet. Gagasannya adalah mengonsumsi langsung hasil kebun atau memastikan semua bahan makanan yang Anda konsumsi benar-benar segar.

Dengan kata lain, makanan yang diproses tidak boleh tersaji di meja. Anda diminta untuk memilih sayuran, daging, produk susu yang masih sangat segar, dan konsekuensinya Anda harus menghadapi masalah bagaimana bisa memenuhi kebutuhan produk segar tersebut setiap waktu.

Sederet Tips Diet Sehat yang Aman Bagi Kesehatan Tubuh

Namun bagi para nutritionist, clean eating merupakan hal yang paling menggembirakan di mana makanan tersegar dikombinasikan dengan teknik memasak yang paling sehat.

Untuk memulai metode diet ini, Anda harus mengeliminasi daging yang diproses, makanan manis yang dibeli dari toko, beras yang sudah diproses di pabrik, makanan siap saji dan makanan yang sudah dimasak sebelumnya.

Ini 6 Makanan Diet Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi

Cara yang lebih pragmatis untuk memulai clean eating adalah mencoba mengonsumsi makanan yang lebih 'bersih', artinya lebih bersih dari apa yang Anda konsumsi selama ini. Cara ini akan memberikan manfaat sehat lebih dari yang Anda bayangkan.

Cara lainnya adalah memasak makanan Anda dari bahan yang sesegar mungkin. Jadi, masaklah makanan yang Anda beli hari ini, khususnya daging dan ikan. Simpan makanan berjenis sama dalam jumlah sedikit dan pastikan mengolah bahan makanan itu sesegera mungkin.

Jangan menyimpan bahan makanan dalam waktu yang cukup lama. Sayuran layu yang tersimpan dalam lemari es Anda selama berhari-hari tidak akan mengandung nilai nutrisi lagi.

Terakhir, ingat baik-baik bahwa fokus dari metode ini bukanlah kesempurnaan, tapi pada kesuksesan yang relatif. Dalam proses mengurangi makanan yang diproses, Anda akan memasak dengan bahan makanan yang segar, dan itu adalah langkah yang terpenting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya