Cara Sederhana Ini Ampuh Cegah Mewabahnya DBD

Ilustrasi nyamuk malaria.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Musim hujan seperti sekarang, memungkinkan nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak dengan mudah. Sebab saat musim hujan, akan ada banyak genangan air yang akan menjadi tempat subur kembang biak nyamuk.

Waspada! Demam Berdarah Mengganas, Jakarta Jadi Episentrum dengan 35 Ribu Kasus

Seperti yang diketahui sebagian besar masyarakat Indonesia masih sering memanfaatkan ember untuk berbagai aktivitas pekerjaan rumah. Beberapa di antaranya, mencuci baju, hingga menampung air.

Terkadang, penggunaan ember ini seringkali disepelekan. Setelah selesai digunakan, air dalam ember seringkali dibiarkan. Padahal, hal ini bisa membahayakan, karena ember berisi air, bisa jadi tempat sarang nyamuk penyebab demam berdarah. Bila ini dibiarkan terus menerus bukan tidak mungkin hal ini dapat menyebabkan mewabahnya demam berdarah.

Kasus DBD di Depok Melonjak, Wali Kota Keluarkan SE Kesiapsiagaan Cegah KLB

Namun, ada cara sederhana yang seharusnya disadari masyarakat untuk mencegah mewabahnya demam berdarah. Salah satu caranya, membalikkan posisi ember setelah digunakan. Cara ini, dipastikan, dapat menutup ruang dimana nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak.

"Kesadaran untuk mencegah berkembangnya penyakit demam berdarah sebenarnya sangat mudah yakni Anda dapat membalikan posisi ember Anda setelah digunakan.  Ini cara sederhana memberantas sarang nyamuk," ujar Tika Bisono, Psikolog dan Duta Deman Berdarah Nasional saat ditemui pada acara  Kampanye Balikkan Ember dari Baygon di kawasan Jakarta Pusat, Jumat, 2 Maret 2017.

Kondisi Terkini Syahnaz Sadiqah Usai Dilarikan ke RS karena DBD

Dia menuturkan bahwa cara tersebut dapat membuat anggota keluarga Anda menjadi sehat dan terlindungi dari nyamuk penyebab demam berdarah. Tidak hanya keluarga, hal ini juga bisa dijadikan langkah sederhana yang membuat perbedaan signifikan untuk masyarakat luas.

"Partisipasi sederhana seperti ini dapat membangun kesehatan keluarga Anda. Selain itu dapat mendorong masyarakat agar melakukan hal serupa," ujarnya.

Nyamuk bionik Wolbachia

Nyamuk Wolbachia Melawan DBD! Menkes Ungkap 5 Wilayah di Jawa yang Sudah Terbebas

 Implementasi teknologi nyamuk wolbachia  merupakan salah satu cara untuk menghambat perkembangan virus dengue penyebab kasus demam berdarah atau DBD.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024