Apa Jadinya Jika Cokelat dan Kopi Bersatu? Lihat Hasilnya

Cokelat.
Sumber :
  • pixabay/Benkercx

VIVA.co.id – Ada kabar baik bagi penyuka kopi dan cokelat. Sebuah penelitian dari Clarkson University di New York, Amerika Serikat, menyebutkan kombinasi kedua minuman yang disebut dengan mocha latte itu ternyata dapat meningkatkan konsentrasi.

10 Manfaat Cokelat bagi Kesehatan dan Kecantikan

Para peneliti menemukan bahwa kombinasi cokelat dan kopi yang ada dalam moka sangat sempurna untuk membuat Anda tetap fokus.

Peneliti dari Clarkson University, Ali Boolani bekerja sama dengan University of Georgia melakukan penelitian pada efek akut dari konsumsi cokelat yang diseduh pada fokus, motivasi untuk melakukan pekerjaan kognitif dan perasaan cemas, energi dan kelelahan.

Studi: Menghirup Aroma Cokelat Bisa Membantu Berhenti Merokok

"Biji cokelat dapat meningkatkan aliran darah serebral yang meningkatkan kognisi dan perhatian. Sementara kafein sendiri dapat meningkatkan kecemasan. Proyek khusus ini menemukan bahwa biji cokelat dapat mengurangi efek penyebab cemas dari kafein," kata Boolani seperti dilansir The Independent.

Dalam sebuah penelitian yang berlangsung selama hampir satu tahun, para partisipan meminum antara bubuk cokelat yang diseduh, cokelat dengan kafein, dan kafein tanpa cokelat, atau placebo air panas dengan baik kafein atau bubuk cokelat.

Ternyata Cokelat Bisa Redakan Batuk, Lho!

Setelah mengonsumsi minuman tersebut, para partisipan diminta untuk melakukan serangkaian tugas yang dapat melihat fungsi kognitif mereka, dan suasana hati mereka juga dinilai.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa mereka yang meminum cokelat biasa membuat kesalahan lebih sedikit, yang terkait dengan kurangnya konsentrasi.

Tapi setelah menambahkan kafein ke dalam cokelat, efek kognitifnya meningkat dan efek pembuat cemas dari meminum kopi berkurang.

"Hasil tesnya sangat menjanjikan dan menunjukkan bahwa cokelat dan kafein merupakan pilihan baik untuk siswa, dan siapapun yang membutuhkan konsentrasi panjang," ujar Boolani.

Nampaknya, kopi cokelat bisa menjadi penyelamat Anda melalui rapat panjang di siang hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya