Konsumsi Jenis Makanan Ini Dapat Redakan Rasa Marah

Ilustrasi Yoghurt. Bakteri probiotik biasanya terdapat dalam yoghurt.
Sumber :
  • Pixabay/ ponce_photography

VIVA.co.id – Saat lapar, tubuh terasa lebih agresif dan cenderung mudah tersinggung. Ternyata, penyebabnya karena menurunnya kadar gula dalam tubuh seiring dengan adanya rasa lapar dan kekurangan energi.

Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

Kekurangan gula darah, berkaitan dengan munculnya hormon kortisol dan adrenalin yang memicu stres dan agresif. Sehingga, tidak jarang, kondisi ini dinamakan sebagai "Hanger" yaitu Hungry Anger atau lapar dan mudah marah.

Dikutip dari laman Medical Daily, gula darah normal dalam tubuh yaitu dengan rentan 70-110 mg/dL. Jika di bawah 70mg/dL, maka tubuh mengalami kekurangan asupan gula dalam darah.

Risiko Jika Ibu Hamil Tak Rajin Kontrol Gula Darah

Beberapa tanda tubuh kekurangan gula darah mencakup palpitasi jantung, kelelahan, kulit pucat, gemetar, cemas, lapar, mudah tersinggung dan berkeringat. Hal tersebut tentu memicu keadaan yang berdampak buruk seperti kekurangan tubuh dalam mengontrol keadaan dan mudah marah pada orang lain.

Untuk itu, disarankan mengonsumsi makanan yang tidak membuat gula darah mudah turun. Di mana, makanan yang direkomendasikan harus mengandung karbohidrat tinggi dengan indeks glikemik rendah seperti oatmeal, susu, yoghurt, buah pir, pasta, makanan olahan kedelai, buah apel, dan aprikot kering.

Pentingnya Skrining Gula Darah Sejak Usia 30 Tahun

Selain itu, disarankan juga untuk mendapat asupan protein cukup dari beberapa makanan yaitu telur, kacang, tahu, dan keju rendah lemak. Serat juga harus terpenuhi. Di mana asupan serat bisa didapatkan dari buah-buahan citrus, kentang manis, serta oatmeal.

Tidak lupa juga untuk menghindari beberapa makanan yang memicu penurunan gula darah secara drastis seperti kafein, alkohol, sereal mengandung gula, soda, serta makanan penutup yang manis. Disebutkan juga bahwa konsumsi camilan sehat seperti yoghurt dan buah, dapat mencegah terjadinya kondisi "Hanger", karena gula darah tetap stabil. (one)

ilustrasi cek gula darah.

Langkah Efektif Turunkan Kadar Gula Darah

Solusinya, pola hidup dan gaya hidup yang sehat.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2018