Studi: Yoga Efektif Kurangi Nyeri Akibat Radang Usus

Ilustrasi yoga bagian dari meditasi untuk detoks
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id – Melakukan yoga memberikan banyak manfaat, salah satunya sebagai pengobatan pada penyakit radang usus besar. Menurut sebuah studi, yoga dapat meningkatkan kesembuhan pada pasien dengan penyakit radang usus besar.

5 Gerakan Yoga Sederhana yang Bisa Dilakukan Bagi Pemula

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Alimentary Pharmacology and Therapeutics tersebut mengaitkan antara olahraga yoga dan perbaikan kualitas hidup pada pasien dengan radang usus besar. Para pasien diobservasi dengan melakukan yoga selama 90 menit per minggu.

Dilansir dari laman Medical Daily, para pasien yang menjalani yoga tersebut memiliki peningkatan kualitas hidup dan menurunkan tingkat keparahan radangnya. Dituturkan salah satu peneliti studi, Holger Cramer, yoga menjadi cara tradisional yang efektif untuk pengobatan radang usus besar atau dalam bahasa medisnya yaitu ulserativ kolitis.

Pakar Sebut Olahraga Yoga dan Herbal Ampuh Tangkal Virus Corona

Pada penelitian ini, para pasien tetap mendapatkan asupan obat medis yang mencakup obat antiinflamasi, obat penekan sistem imun, obat pereda nyeri, dan suplemen besi. Dengan tambahan yoga, yang juga termasuk salah satu olahraga baik, dapat menurunkan stres yang dialami pasien saat mengalami peradangan usus besar itu.

Perlu dipahami, penyakit radang usus besar ini memiliki beberapa gejala yang mengurangi rasa nyaman. Biasanya gejala seperti diare, nyeri bagian bawah, kelelahan dan demam, dapat menghambat aktivitas.

Hari Internasional Yoga ke-5, Prambanan jadi Pusat Perhatian Dunia

Di Amerika Serikat tercatat sebanyak 1,3 juta orang memiliki penyakit radang usus besar ini. Menurut CDC, mereka saat ini sedang berjuang untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat penyakit tersebut. (one)

Ilustrasi yoga.

3 Gerakan Yoga dan Latihan Pernapasan untuk Bersihkan Diri dari Polusi

Salah satu cara untuk mencegah racun masuk ke dalam tubuh adalah dengan yoga dan latihan pernapasan dalam untuk meningkatkan kapasitas paru-paru.

img_title
VIVA.co.id
14 November 2023