Pemakaian Antibiotik Jangka Panjang Picu Pertumbuhan Kanker

Ilustrasi obat.
Sumber :
  • pixabay/tlspamg

VIVA.co.id – Sebuah studi terbaru menemukan, pemakaian antibiotik jangka panjang dapat memicu pertumbuhan usus di kemudian hari. Kondisi tersebut memungkinkan terjadinya risiko seseorang mengalami kanker usus besar.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Dilansir dari laman Medical Daily, studi yang dipublikasikan dalam Gut, menemukan bahwa konsumsi antibiotik selama dua bulan atau lebih di usia 20 hingga 39 tahun, berisiko mengalami polip pada usus besar dibandingkan mereka yang tidak konsumsi antibiotik dalam jangka panjang. Tim peneliti berpendapat, kondisi tersebut terjadi karena antibiotik bisa mengubah keseimbangan bakteri di dalam usus.

"Penemuan ini, jika dikonfirmasi dengan studi yang berkaitan, menemukan bahwa penggunaan antibiotik harus dibatasi karena memungkinkan memicu formasi tumor di tubuh," kata peneliti.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Polip pada usus besar sangat umum terjadi dan memang hanya sebagian kecilnya yang berkembang menjadi sesuatu yang berbahaya. Meski polip tidak menimbulkan gejala, namun, para dokter akan memangkasnya agar terhindar dari risiko kanker usus besar.

Pemakaian antibiotik sendiri, masih sangat penting dalam banyak kasus dan penyakit. Sebab, jika tidak mengonsumsinya, dapat memicu infeksi seperti cedera berat atau bahkan kematian.

Sebelum Pengumuman Kanker, Kate Middleton Sempat Bertemu dengan Raja Charles

Namun, penyebab kanker usus besar juga bukan hanya disebabkan oleh antibiotik. Banyak faktor yang bisa menyebabkannya seperti gaya hidup buruk yang mencakup merokok serta pola makan rendah serat.

Untuk itu, tim peneliti berencana menganalisis lebih jauh proses secara rinci dari interaksi mikrobioma di usus dengan antibiotik. Para peneliti akan melihat secara detail kaitan antara antibiotik dengan meningkatnya risiko masalah kesehatan dalam jangka panjang. (hd)

William, Kate Middleton dan ketiga anaknya

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Pangeran William dan Kate Middleton dikabarkan memutuskan untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk dan pergi berlibur. Pangeran dan Putri Wales serta ketiga anaknya.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024