Studi: Pinang Mampu Kurangi Kecanduan Rokok

Pinang
Sumber :
  • Pixabay/Vijayanarashimha

VIVA.co.id – Siapa sangka buah pinang yang secara tradisional digunakan sebagai penguat gigi oleh nenek moyang ternyata memiliki manfaat besar bagi para pecandu rokok.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai 10 Tips untuk Berhenti Merokok

Sebuah penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa pinang secara efektif dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok.

Pinang (Areca catechu) adalah sejenis palma yang tumbuh di Asia dan Afrika bagian timur. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Areca Nut, Betel palm atau Betel nut tree.

10 Tips Berhenti Merokok, Dijamin Moncer dan Berhasil

Dilansir dari Medical Daily, para peneliti menemukan bahwa pinang dapat mengurangi dan secara berkala dapat menghentikan kebiasaan merokok secara efektif dibandingkan pengobatan medis lainnya. Studi yang dipublikasi dalam jurnal National Meeting & Exposition of the American Chemical Society ini, menemukan bahwa kandungan senyawa arecoline di dalam pinang dapat membantu mengurangi keinginan merokok.

Senyawa tersebut juga menstimulasi reseptor yang sama pada otak dalam ketagihannya terhadap nikotin. Sehingga mampu memberikan pengobatan pada ketergantungan nikotin tanpa memberi efek samping berbahaya pada perokok.

Anggota DPR Prihatin Ekonomi Anjlok: Emak-emak Tak Pegang Duit

"Senyawa yang kami kembangkan sangat spesifik. Dia tidak menargetkan semua reseptor dan hanya reseptor nikotin saja. Jadi komponen lainnya aman," ujar pemimpin studi, Roger L. Papke.

Sudah banyak obat-obat medis yang ampuh mengusir ketagihan terhadap nikotin. Sayangnya, efek samping yang ditimbulkan juga cukup banyak dan cenderung berbahaya.

Salah satunya, obat bernama varenicline atau chantix. Meski populer di kalangan perokok, efeknya dapat memberi efek halusinasi yang memicu kematian misalnya berjalan saat tidur atau bahkan penyakit jantung. Obat tersebut juga dikaitkan dengan beberapa kasus mood yang berat seperti depresi.

Sehingga, studi ini menjadi angin segar untuk mengurangi pecandu rokok. Namun, hingga saat ini, tim peneliti masih melakukan observasi lebih jauh terhadap kandungan lain pada pinang tersebut dan mencobanya di laboratorium, untuk uji coba pada binatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya